TY - THES N1 - Shidiq Premono, M.Pd., ID - digilib35776 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35776/ A1 - Awalia Rakhmawati, NIM. 14670002 Y1 - 2019/03/20/ N2 - Perkembangan teknologi saat ini memudahkan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa, seperti multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia yang dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon peserta didik. Pengembangan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia mengunakan desain penelitian Research and Development dengan model 4-D yang dibatasi pada tahap develop. Teknik pengumpulan data untuk mengakaji kualitas produk dan respon peserta didik menggunakan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala lima berisi lima aspek untuk mengetahui kualitas produk dan lembar respon skala dua yang berisi lima aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji kualitas dan respon peserta didik yaitu mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, sehingga dapat ditentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini menghasilkan multimedia tutorial interaktif berbasis representasi kimia yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash Proffesional CS6 dengan menggabungkan tiga level representasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yanng dikembangkan memiliki kualitas sangat baik menurut tiga pendidik kimia SMA/MA dengan presentase keidealan sebesar 86,25%. Sedangkan respon peserta didik terhadap produk mendapatkan presentase keidealan sebesar 90%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - multimedia interaktif KW - tutorial KW - representasi kimia M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYANGGA DAN HIDROLISIS AV - restricted EP - 229 ER -