%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Laili Mudrikah, NIM. 12680029 %B Fakultas Sains dan Teknologi %D 2019 %F digilib:35796 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Bio Flash Card, Invertebrata, Media Pembelajaran %P 146 %T Pengembangan Media Pembelajaran Bio Flash Card pada Sub Materi Pokok Klasifikasi Hewan Invertebrata untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35796/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bio flash card pada sub materi pokok klasifikasi hewan invertebrata untuk siswa kelas VII SMP/MTs dan mengetahui kualitas bio flash card. Penelitian ini termasuk Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa angket check list. Kualitas bio flash card dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 orang peer reviewer, 2 guru biologi dan 20 respon siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banyumas. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bio flash card klasifikasi invertebrata memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan 89.87%, berdasarkan penilaian reviewer. Selain itu, respon siswa terhadap bio flash card klasifikasi invertebrata juga sangat baik dengan persentase keidealan 88.35%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk bio flash card pada sub materi pokok klasifikasi hewan invertebrata secara keseluruhan kualitasnya sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP/MTs. %Z Dian Noviar, M.Pd.Si.,