%A NIM. 14680030 Ferlina Cahyusari %O Runtut Prih Utami, M.Pd %T ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN BANTUL %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dengan Certainty of Response Index (CRI) pada materi fungi di kelas X SMA N 1 Srandakan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan (1) untuk mengetahui besar persentase siswa yang mengalami miskonsepsi, tahu konsep, dan tidak tahu konsep pada materi fungi, dan (2) untuk mengetahui sub konsep apa yang paling banyak terdapat kesalahan siswa dalam menjawab soal, sehingga menjadi dampak miskonsepsi terkuat. Subyek penelitian yaitu kelas X.1 SMA N 1 Srandakan Bantul dengan menggunakan instrumen butir soal pilihan ganda yang disertai lembar respon CRI. Siswa diharapkan menyertakan skala CRI (0 - 5) pada setiap jawaban soal sesuai dengan tingkat keyakinannya. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih siswa dengan menggunakan skala CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa sub konsep materi fungi. Besar persentase miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi tersebut yaitu sebesar 31,33%, siswa yang tahu konsep sebesar 16,17%, dan siswa tidak tahu konsep sebesar 52,5%. Siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal yaitu pada subkonsep simbiosis fungi dan peran fungi. %K Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Fungi. %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib35798