eprintid: 35799 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/57/99 datestamp: 2020-03-02 03:55:03 lastmod: 2020-03-02 03:55:12 status_changed: 2020-03-02 03:55:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NABILAH ‘ISHMATUNNI’MAH, NIM. 14680031 title: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: metode pembelajaran Gallery of Learning, motivasi, hasil belajar note: Runtut Utami, M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa, 2) penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, 3) banyaknya siklus yang dibutuhkan dalam penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan dua siklus, siklus I menggunakan metode pembelajaran ceramah dan siklus II menggunakan metode pembelajaran Gallery of Learning. Data penelitian ini diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi siswa, lembar soal pretest dan posttest, dokumentasi foto, serta catatan lapangan. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat diketahui melalui persentase hasil lembar angket pada setiap siklus, yaitu siklus I sebesar 74,68% dan siklus II sebesar 78,62%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil pretest dan posttest pada siklus I yaitu sebesar 52,63 dan 74,68 serta siklus II yaitu sebesar 55,11 dan 82,84 sehingga diperoleh effect size sebesar 0,61 (efek sedang). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Gallery of Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA putri MA Assalafiyyah Sleman yang dilaksanakan melalui dua siklus tindakan. date: 2019-04-25 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NABILAH ‘ISHMATUNNI’MAH, NIM. 14680031 (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY OF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA PUTRI MA ASSALAFIYYAH SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35799/1/14680031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35799/2/14680031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf