TY - THES N1 - Runtut Prih Utami, M.Pd., ID - digilib35803 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35803/ A1 - Fajar Azis Utama, NIM. 15680026 Y1 - 2019/05/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap aktivitas belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua kelas X MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan non tes, dengan instrumen berupa lembar angket aktivitas belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi pokok vertebrata. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney (U-test) untuk menguji aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap aktivitas belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig sebesar 0,001 yang berarti nilai sig < 0,05 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig sebesar 0,006 yang berarti nilai sig < 0,05 PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Aktivitas belajar KW - Hasil belajar KW - Model pembelajaran kooperatif KW - numbered heads together M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMAN 2 BANGUNTAPAN BANTUL AV - restricted EP - 175 ER -