eprintid: 35808 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/58/08 datestamp: 2020-03-02 03:56:47 lastmod: 2020-03-02 03:56:57 status_changed: 2020-03-02 03:56:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ade Kosasih, NIM. 12660024 title: IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: TA divisions: jur_tind full_text_status: restricted keywords: Quality Function Deployment, House of Quality, Design Deployment, Peningkatan Kualitas, Jasa Transportasi note: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng., Ph.D. abstract: Quality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metode yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas suatu pelayanan jasa berdasarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Dari segi pelanggan, kualitas suatu pelayanan jasa merupakan hal yang harus ada di dalam suatu jasa pelayanan, khususnya jasa transportasi yang mengutamakan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui atribut apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan terhadap pelayanan jasa trasnportasi di ETON Rent Car sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas jasa pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan QFD hingga fase design deployment. Hasil dari penelitian ini adalah berupa matriks House of Qualityyang dihasilkan pada QFD fase 1 dan matriks design deployment pada QFD fae 2. Pada matriks House of Quality menghasilkan 6 karakteristik teknis yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas yaitu Service (K1), Penjelasan Atas Keluhan Kendaraan (K2), Kecepatan dalam Melayani (K3), Keramahan dan Kesopanan Staff (K4), Solusi Atas Keluhan Kendaraan (K5) dan Kenyamanan Kendaraan (K6). Sedangkan pada matriks design deployment dihasilkan 13 part of specification yang merupakan hasil breakdown dari karakteristik teknis yaitu Tersedianya Kotak Saran Ditiap Unit (S1), Custemers Service 24 Hours Per Day (S2), Terjadwalnya Service Unit Kendaraan (S3), Tampilan Unit (S4), Sertifikasi Driver (S5), Meningkatkan Kemampuan Driver (S6), Meningkatkan Kemampuan Staff Officce (S7), Sertifikasi Profesional Staff (S8), Standarisasi Keamanan Unit (S9), Upgrade Cabin Unit (S10), Modernisasi Unit (S11), Edukasi Etika (S12) dan Seleksi Staff dan Driver (S13). date: 2019-05-07 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ade Kosasih, NIM. 12660024 (2019) IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35808/1/12660024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35808/2/12660024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf