%0 Journal Article
%@ 1410-153X
%A Qibtiyah, Alimatul
%D 2016
%F digilib:35810
%I Jurnal Perempuan
%J Jurnal Perempuan
%K Feminist pedagogy, experiences, family, Islamic feminism, Aisyiyah.
%N 3
%P 1-27
%T Pedagogi Kesetaraan dalam Keluarga,  Sekolah dan Masyarakat: Refleksi Diri  sebagai Feminis Muslim di Aisyiyah  Pedagogy of Equality in the Family, Schools, and Society:  Self-Reflection as Muslim Feminist in Aisyiyah
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35810/
%V 21
%X Pedagogi feminis adalah suatu strategi untuk mencapai nilai kesetaraan gender  dalam dunia pendidikan baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat.  Ketika hal ini dilaksanakan tidak hanya perempuan atau siswi yang mempunyai  kehidupan lebih baik tetapi laki-laki (siswa) dan anak juga akan mempunyai  kehidupan yang lebih damai dan tanpa diskriminasi. Bagi penulis pedagogi  feminis dan juga perjuangan kesetaraan gender tidak hanya sebagai slogan  gerakan tetapi juga benar-benar diimplementasikan dalam tiga level kehidupan  penulis tersebut. Tulisan ini mengupas pengalaman penulis dalam  mengimplementasikan pedagogi feminis, baik dalam keluarga, sekolah/kampus  dan juga masyarakat, terutama organisasi perempuan Muhammadiyah,  Aisyiyah. Tulisan ini hasil dari studi pustaka dan refleksi pengalaman penulis  sendiri. Penulis mempunyai pengalaman 19 tahun berkeluarga, selama 20 tahun  mengajar, dan 23 tahun aktif di organisasi perempuan. Di setiap implementasi  pedagogi feminis, penulis menghadapi tantangan yang tidak mudah. Hal ini  terutama terkait dengan beragamnya pemikiran yang ada di masyarakat. Namun  berdasarkan lesson-learned dari testimoni anak didik ataupun peserta kajian,  menunjukkan bahwa penerapan pedagogi feminis menghasilkan kenyamanan  proses pembelajaran dan juga perubahan mindset peserta terutama terkait  dengan ide-ide Islam berkemajuan.