eprintid: 35901 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/59/01 datestamp: 2020-03-04 01:38:20 lastmod: 2020-03-04 01:38:27 status_changed: 2020-03-04 01:38:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Munadhirotul Azizah, NIM. 15690047 title: PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi. note: 1. Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si., abstract: fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi, (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar soal pretestposttest keterampilan berpikir kritis dan jurnal pengaturan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji t, Normalized Gain (NGain) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,025. Nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari signifikansi < α = 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dengan N-gain sebesar 0,603 pada kategori sedang. Sedangkan keterampilan Self-Regulation peserta didik mengalami peningkatan pada aspek metakognisi yang dibuktikan dengan deskripsi jawaban peserta didik. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi. date: 2019-05-24 date_type: published pages: 339 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Munadhirotul Azizah, NIM. 15690047 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35901/1/15690047_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35901/2/15690047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf