@phdthesis{digilib35943, month = {February}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP/MTs MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12600006 Ananto Raharjo}, year = {2019}, note = {1.Dr. Ibrahim, M.Pd,}, keywords = {Kata Kunci: kemampuan literasi matematis, disposisi matematis, pendekatan realistic mathematics education}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35943/}, abstract = {Literasi dan disposisi matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis yang ada dalam kehidupan. Ada beberapa tujuan dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan yang lainnya adalah untuk mengetahui adanya interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan metode pembelajaran yang digunakan mengajar di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variable dalam penelitian ini terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebas berupa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, variabel terikatnya berupa kemampuan literasi dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Sleman 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai siswa kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai siswa kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdari dua jenis instrument yaitu instrument pengumpulan data dan instrument pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest literasi matematis, skala disposisi matematis dan catatan lapangan, sedangkan instrument pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP dan Lembar Aktivitas Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic inferensial meliputi uji anova dua jalur. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan literasi matematis maupun disposisi matematis siswa. Hasil penelitian lainnya adalah tidak ada peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam usaha meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Kata Kunci: kemampuan literasi matematis, disposisi matematis, pendekatan realistic mathematics education} }