@phdthesis{digilib35981, month = {December}, title = {PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PADA HMT BINA DHUAFA BRINGHARJO YOGYAKARTA .1997-2004}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 00390375 YASIR ARAFAT}, year = {2005}, note = {Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si}, keywords = {Muamalah, Baitulmal wattanwil, BPR Beringharjo}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35981/}, abstract = {Baitul Maal Wattamwil (BMT) adalah bagian dari lembaga ekonomi syariah dan keuangan syariah mikro yang bertujuan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat kaum lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi yang meliputi periklanan, publisitas, dan promosi penjualan terhadap volume permintaan di BMT Beringharjo. Penelitian ini mengambil data dari divisi pemasaran BMT Bina Dhuafa Bringharjo yaitu berupa data biaya promosi dan pencapaian volume permintaan (simpanan dan pembiayaan) dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2004. Metode pengwnpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data biaya promosi dan volume atau jumlah pennintaan baik berupa simpanan maupun pembiayaan yang telah dicapai BMT BDB Yogyakarta dari tahun 1997-2004. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan lembaga, baik mengenai sejarah berdiri, strnktur organisasi, dan kegiatan promos!. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah Bapak Fauzan dan Ibu Atung sebagai anggota divisi pemasaran BMT Bringharjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Persyaratan analisis regresi menggunakan uji normalitas, uji iinieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara biaya periklanan, biaya publisitas, dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume permintaan dengan melihat koefisien detenninasi sebesar 0.2483 yang berarti 24.83\% volwne permintaan dipengaruhi biaya periklanan, biaya publisitas, dan biaya promosi penjualan. Dan melihat uji F hitung sebesar 3.084 yang lebih besar dibandingkan dengan F tabel sebesar 2.947 pada taraf signifikansi 5\%. Untuk F hitung sebesar 3.084 artinya bahwa setiap kenaikan biaya promosi sebesar Rp. 1,00 akan mengakibatkan kenaikan volwne permintaan sebesar Rp. 3,00.} }