eprintid: 35987 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/59/87 datestamp: 2020-03-06 00:44:00 lastmod: 2020-03-06 00:44:10 status_changed: 2020-03-06 00:44:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISA AZNI, NIM,: 12490084 title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen peserta didik, multiple intelligences, potensi peserta didik. note: Edy Yusuf Nur SS, MM, M.Si. abstract: Isa Azni. Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik di SD Juara Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen peserta didik berbasis multiple intelligences untuk mengembangkan potensi peserta didik di SD Juara Yogyakarta. Manajemen peserta didik adalah kegiatan pengelolaan yang memusatkan pelayanan aktivitas peserta didik pada saat awal masuk sekolah sampai peserta didik selesai menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Dalam pengelolaan tersebut perlu memperhatikan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, sehingga saat proses mendidik bisa lebih maksimal dan tidak terkesan salah didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggukanan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data baik berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta di lapangan yang ditemukan untuk menjawab permasalahan penelitian. xii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep multiple intelligences di SD Juara di breakdown dalam setiap kegiatan baik dalam kegiatan formal maupun kegiatan pembiasaan. (2) Implementasi manajemen peserta didik berbasis multiple intelligences di SD Juara melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (3) Tingkat pemahaman seluruh stakeholder sekolah dan semangat perbaikan menjadi faktor pendukung implementasi manajemen peserta didik berbasis multiple intelligences. Namun keadaan orang tua dari background ekonomi yang lemah membuat kerjasama dengan orang tua sedikit berkurang. Selain itu, fasilitas yang ada di sekolah belum bisa sepenuhnya mewadahi seluruh kecerdasan yang dimiliki peserta didik date: 2019-05-16 date_type: published pages: 172 institution: UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: skripsi thesis_name: phd citation: ISA AZNI, NIM,: 12490084 (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK DI SD JUARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35987/1/12490084_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35987/2/12490084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf