%A NIM : 14490034 SELLY MAUDY PRABAWATI %O Subiyantoro M.Ag %T MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMAN 2 YOGYAKARTA %X Selly Maudy Prabawati Manejemen Pendidikan Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membentuk Karakter Siswa di SMAN 2 Yogyakarta Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2018 Latar belakang penelitian ini adalah dekadensi karakter anak, dengan adanya permasalahan tersebut. Pemerintah mengeluarkan kebijakan program pendidikan karakter di Indonesia. Kecerdasan emosional sangat mempengaruhi pembentukan karakter siswa di SMAN 2 Yogyakarta, maka dari itu sekolah mencantumkan kecerdasan emosional pada visi dan misi sekolah. Kecerdasan emosional yang ada dalam diri manusia seperti emosi (perasaan). Hal ini sangat rentan dilakukan oleh remaja yang masih mengandalkan emosi (perasaan) untuk bertindak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kecerdasan emosional di SMAN 2 Yogyakarta terlihat dari motivasi, kejujuran, kepercayaan diri, sopan santun, disiplin. (2) Manajemen pendidikan berbasis kecerdasan emosional dalam membentuk karakter siswa di SMAN 2 Yogyakarta melalui ciri – ciri kecerdasan emosional diantaranya: mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain. (3) Hasil kecerdasan emosional dalam membentuk karakter siswa di SMAN 2 Yogyakarta menunjukkan positif. Seperti program yang menonjol yaitu 5s ini sangat membantu siswa untuk lebih menghargai, berprilaku sopan terhadap siapapun. Akan tetapi untuk hasil konkret dalam penerapan kecerdasan emosional pada diri siswa masih membutuhkan proses untuk mengetahui jelas kepribadian (karakter). %K Kecerdasan Emosional, Karakter, Siswa %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib35992