%A LIANA AISYAH %J /Jurnal/Fihris/Fihris Vol. III No.1 Januari - Juni 2008/ %T DESIGNING A MODEL OF INFORMATION LITERACY EMBEDDED IN UNIVERSITY CURRICULUM : A Case Study of First Term Chemistry Major Program %X Makalah ini membahas tentang kemelekan informasi (information literacy) sebagai salah satu bentuk multiliterasi yang menjadi tujuan pendidikan dewasa ini. Setelah meninjau ulang definisi, standar, arti penting information literacy, penulis menelaah bentuk-bentuk upaya peningkatan information literacy di kalangan mahasiswa di universitas-universitas lain serta mengevaluasi program-program yang sudah dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada bagian inti makalah ini, penulis mengusulkan sebuah program tambahan yaitu memasukkannya standar Information Literacy ke dalam kurikulum inti di semester pertama. Untuk memperjelas bagaimana hal ini dilakukan, penulis mengambil studi kasus kurikulum program studi kimia disertai evaluasi singkat mengenai potensi program dan hal-hal lain yang perlu dilakukan agar program dapat berjalan dengan baik. %K Information Literacy, University Curriculum, State Islamic University, Sunan Kalijaga %D 2008 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib360