%0 Thesis %9 Skripsi %A LAILATUL AZIZAH, NIM: 15490045 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan %D 2019 %F digilib:36004 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Standar Kualifikasi, Standar Kompetensi, Sertifikasi, Mutu Pendidikan %P 143 %T PENERAPAN STANDAR KUALIFIKASI, STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36004/ %X Lailatul Azizah, Penerapan Standar Kualifikasi, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 3 Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pendidikan di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis penerapan standar kualifikasi, standar kompetensi dan sertifikasi guru yang meliputi perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi belajar, dan guru profesional dalam meningkatkan mutu pendiidkan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian humas, guru Pendidikan Agma Islam dan Budi Pekerti kelas X, guru Biologi kelas X, guru Kimia kelas X, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI, dua siswa kelas X IPA 1 dan 4, satu siswa kelas XI IPA 4 Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik yang dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan standar kualifikasi, standar kompetensi dan sertifikasi guru adalah: a. kualifikasi guru sudah sesuai dengan standar kualifikasi guru SMA/MA yaitu S-1 dan S-2, b. menerapkan empat standar kompetensi guru yaitu (1) kompetensi pedagogik diantaranya adalah: (a) pemahaman terhadap peserta didik, (b) pengembangan kurikulum atau silabus, (c) perancangan pembelajaran, (d) pelaksanaan pembelajaran yang mendidika dan dialogis, (e) pemanfaatan teknologi pembelajaran, (f) xix evaluasi hasil belajar. (2) kompetensi sosial, (3) kompetensi kepribadian, dan (4) kompetensi professional, c. guru sudah tersertifikasi dan melalui sertifikasi portofolio, PLPG, dan PPG. (2) Upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Yogykarta yaitu dengan kebijakan mutu pendidikan tersendiriadapaun kebijakan mutu tersebut adalah: (a) menciptakan lulusan yang santun dan berbudi pekerti luhur, (b) meningkatkan lulusan yang kompeten di bidangnya, (c) meningkatkan layanan prima sekolah dengan motto tepat syarat, tepat waktu, dan ramah, (d) meningkatkan kemampuan guru dan peserta didik dalam bidang penelitian, sains, dan teknologi, (e) menciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan, (f) meningkatkan upaya pelestarian lingkungan. Meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik di pentas nasional dan internasional. %Z Wiji Hidayati, M. Ag,