TY - THES N1 - Mangun Budiyanto, M.S.I., ID - digilib36006 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36006/ A1 - MUHAMMAD FAIQ FAWWAZ, NIM : 15490061 Y1 - 2019/05/23/ N2 - Muhammad Faiq Fawwaz, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SDIT Salsabila II Klaseman Sleman Dalam Mencapai Visi Mencetak Generasi Qur?ani 2045. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan Universias Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap gaya kepemimpinan yang digunakan dalam mencapai visi sekolah mencetak generasi qurani 2045 yang cakap, cendikia, dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai visi sekolah, untuk mengetahaui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mencapai visi sekolah, dan untuk mengetahui hasil dari gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah di SDIT Salsabila II Klaseman Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SDIT Salsabila II Klaseman Sleman. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber dan teknik serta kombinasi dengan teori. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Mohammad Zaelani, M. A. Lahir di Pati, 06 Agustus 1982. Mengajar di SDIT Salsabila II Klaseman sejak 2004 dan menjadi kepala sekolah non PNS pada tahun 2011. Adapun kepala sekolah SDIT Salsabila II Klaseman Sleman teridentifikasi menggunakan (a) gaya kepemimpinan demokratis, ciri cirinya yaitu menerima kritik dan saran, adanya musyawarah sebagai mufakat, dan tidak memihak kepada salah satu bawahan; (b) gaya kepemimpinan Karismatik, terlihat dari rasa hormat guru dan peserta didik (c) gaya kepemimpinan Administratif, terlihat dari kinerja kepala sekolah menyelesaikan tugas sebelum deadline, bekerja dengan bawahan, dan memiliki jiwa membangun. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat kepala sekolah dalam mencapai visi sekolah antra lain: (a) faktor pendukung: adanya kesepakatan dan berjuang bersama bawahan, lingkungan baik sekolah, keluarga dan teman. (b) faktor penghambat: keluar masuknya guru, frekuensi keluar masuk guru tahfidz, pencarian sistem, lingkungan keluarga dan teman. (3) Hasil gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah (a) mencetak bibit bibit penghafal Al-quran walau masih belum memenuhi target hapalan (b) Nilai UNBK masih dibawah rata-rata yang didapat Se-DIY (c) prestasi siswa siswi yang bagus, baik kejuaraan akademik maupun non akademik (d) lulusan SDIT Salsabila yang meneruskan ke jenjang pesantren sebanyak 55% dari total kelulusan (e) Tanggapan positif dari bawahan terkait kepemimpinan yang dijalankan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - gaya kepemimpinan KW - kepala sekolah KW - visi sekolah M1 - skripsi TI - GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SDIT SALSABILA II KLASEMAN SLEMAN DALAM VISI TERWUJUDNYA GENERASI QUR?ANI 2045 AV - restricted EP - 157 ER -