%A NIM : 15490063 ERIZKA AMALIA QUR’AANI %O Wiji Hidayati, M.Ag %T EVALUASI PENERAPAN PROGRAM KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X MAN 2 SLEMAN DI YOGYAKARTA %X Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Bagi Siswa Tunanetra Kelas X MAN 2 Sleman di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap evaluasi penerapan program kurikulum 2013 mata pelajaran Aqidah Akhlak bagi siswa tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan program kurikulum 2013 mata pelajaran Aqidah Akhlak bagi siswa tunanetra kelas X MAN 2 Sleman di Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, WaKa bagian kurikulum, WaKa bagian kesiswaan, kepala bagian perpustakaan, guru Aqidah Akhlak kelas X, dan siswa tunanetra kelas X. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi konteks meliputi lingkungan masyarakat, kebutuhan terpenuhi, populasi dan sampel yang dilayani, dan sarana prasarana. Sarana prasarana di MAN 2 Sleman dinilai sudah cukup membantu dalam penerapan program kurikulum 2013 bagi siswa tunanetra. (2) Evaluasi masukan meliputi penerimaan siswa baru tunanetra, guru, dan kurikulum. Penerimaan siswa baru tunanetra terdapat modifikasi, guru di MAN 2 Sleman tidak ada yang berkualifikasi guru Pendidikan Luar Biasa (PLB), serta kurikulum 2013 bagi siswa tunanetra tidak menggunakan kurikulum yang dimodifikasi. (3) Evaluasi proses meliputi proses pembelajaran kurikulum 2013 mata pelajaran Aqidah Akhlak bagi siswa tunanetra terdapat modifikasi. (4) Evaluasi produk meliputi hasil belajar siswa. tunanetra kelas X mata pelajaran Aqidah Akhlak. Nilai siswa tunanetra dapat mencapai nilai KKM aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan %K Evaluasi, Kurikulum 2013, Tunanetra %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib36008