<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO"^^ . "Novi Hapsari, “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap\r\nKemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta\r\nDidik Kelas II di SD Muhammadiyah Karangbendo”. Yogyakarta\r\nProgram Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas\r\nIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.\r\nPeserta didik kelas II SD Muhammadiyah Karangbendo\r\nmengalami kesulitan pada penyelesaian soal cerita matematika\r\nyang melibatkan operasi bilangan perkalian dan pembagian.\r\nSehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan\r\npenelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan\r\nalat peraga manipulatif terhadap kemampuan menyelesaikan soal\r\ncerita matematika. Alat peraga yang digunakan dalam\r\npenyelesaian soal cerita matematika yang melibatkan operasi\r\nbilangan perkalian dan pembagian yaitu alat peraga manipulatif\r\nberupa gambar.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu\r\n(Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent\r\nControl Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28\r\npeserta didik (kelas IIA) dan 28 peserta didik (kelas IIB). Tenik\r\npengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu\r\nsampel jenuh. Teknik dan instrumen pengumpulan data\r\nmenggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian.\r\nAnalisis data yang digunakan berupa statistik non- parametrik\r\nuntuk data pretest yaitu uji Mann Whitney dan statistik\r\nparametrik untuk data posttest yaitu uji-t (independent samples ttest)\r\ndan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan\r\nkemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik\r\nyang menggunakan alat peraga manipulatif berupa gambar\r\ndengan peserta didik yang tidak menggunakan alat peraga. Hal ini\r\nditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples ttest)\r\nskor posttest yang menyatakan nilai Asymp.Sig(2-\r\ntailed)=0,003 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0\r\nditolak. 2) Penggunaan alat peraga manipulatif efektif terhadap\r\nkemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik\r\nix\r\nkelas II di SD Muhammadiyah Karangbendo. Keefektifan tersebut\r\ndapat dilihat dari perhitungan uji gain ternormalisasi yang artinya\r\nada peningkatan dan perkembangan kemampuan menyelesaikan\r\nsoal cerita peserta didik pada kelas ekperimen yang ditunjukkan\r\noleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,73 yang\r\ndiinterpretasikan dalam kategori tinggi, dan 92,86% atau 26 dari\r\n28 peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai KKM."^^ . "2019-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM : 15480095"^^ . "Novi Hapsari"^^ . "NIM : 15480095 Novi Hapsari"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Text)"^^ . . . . . "15480095_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN\r\nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA\r\nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH\r\nKARANGBENDO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #36069 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA \nMANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN \nMENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA \nPESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH \nKARANGBENDO\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .