eprintid: 36082 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/60/82 datestamp: 2019-07-25 06:44:05 lastmod: 2020-03-10 02:00:30 status_changed: 2020-03-10 02:00:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUTVIYANA NUR HIDAYAH, NIM. 15410196 title: MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Smart Reading, Kemampuan membaca, Buku Agama Islam note: Dr. Muqowim, M.Ag abstract: LUTVIYANA NUR HIDAYAH. Model Peningkatan Kemampuan Membaca Buku Agama Islam di Perpustakaan Daerah Kulon Progo Dengan Metode Smart Reading. Skripsi. Yogyakarta: Prpgram Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca masyarakat. Rendahnya kemampuan membaca tadi disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah rendahnya tingkat konsentrasi, rasa malas, kebiasaan membaca buku yang rendah dan beberapa faktor eksternal lainnya seperti lingkungan yang kurang memadai dan juga kurangnya fasilitas yang ada. Sebagai salah satu usaha mengatasi masalah tersebut harus menggunakan suatu metode yang tepat yang disebut dengan metode smart reading. Smart reading ini dikemas dalam bentuk pelatihan yang baik dan tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Penelitian melibatkan seluruh anggota dari Lembaga GIC Smart Reading Yogyakarta, para peserta dan orang tua peserta, dan juga pihak-pihak yang terlibat dalam kerja sama dengan lembaga GIC Smart Reading Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2018-Januari 2019. Peningkatan kemampuan membaca dengan pendekatan metode smart reading berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta. Hal ini terbukti dari penilaian kecepatan membaca dan tingkat pemahaman peserta terhadap buku yang dibaca. Kecepatan membaca rata-rata peserta adalah lebih dari 14.000 kata per menit dan pemahaman membaca membaca peserta 91% dilihat dari hasil menjelaskan kembali melalui tulisan dan juga lisan. Melihat hasil dari penelitian ini, metode smart reading dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca peserta GIC Smart Reading Yogyakarta date: 2019-05-20 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LUTVIYANA NUR HIDAYAH, NIM. 15410196 (2019) MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36082/1/15410196_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36082/2/15410196_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf