TY - THES N1 - Drs. Dudung Hamdun, M.Si ID - digilib36083 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36083/ A1 - Ilhia Rahmah, NIM: 14420035 Y1 - 2019/06/13/ N2 - Ilhia Rahmah. 14420035. Eksperimentasi Metode Mind Mapp dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Qiraah Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Ali Maksum sangat monoton dan kemampuan maharah qiraah siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan mah?rah qir?ah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling dan mengambil sampel 73 peserta didik kelas VIII MTs Ali Maksum. Teknik yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kemampuan mah?rah qir?ah kelas eksperimen dari nilai rata-rata 51.16 menjadi 64.83 dengan peningkatan sebesar 13.55. Adapun kelas kontrol mengalami peningkatan dari 49.29 menjadi 57.72 dengan peningkatan sebesar 8.43. Sedangkan analisis data melalui uji-T. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap mah?rah qir?ah bahasa Arab siswa setelah dilakukan penerapan metode mind map lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan signifikansi 0.000 dimana lebih kecil dari 0.05, sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan pada Paired Sample T-Test maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan signifikan diantara keduanya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Metode Pembelajaran KW - Mind Map KW - Mah?rah Qir?ah bahasa Arab M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAH?RAH QIR?AH SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019 AV - restricted EP - 149 ER -