eprintid: 36097 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/60/97 datestamp: 2019-07-25 07:33:38 lastmod: 2020-03-10 02:02:31 status_changed: 2020-03-10 02:02:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurul Hikmah, 15420062 title: KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pengaruh, Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an, Membaca Teks Arab note: Nurhadi, MA abstract: Nurul Hikmah, 15420062, Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Keterampilan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII MTs N 2 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa ArabFakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs N 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian nya adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Bantul dengan menggunakan tehnik acak atau random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Analisis regresi yang digunakan adalah dengan melihat output coeeficient, output anova, serta output model summary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai rata-rata kemampuan menghafal Al-Qur‟an termasuk dalam kategori baik dengan nilai 72,00. 2) nilai rata-rata tes kemampuan membaca teks Arab termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai 66,63. 3) terdapat pengaruh yang signifikasi antara kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan keterampilan membaca teks Arab ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada uji Anova, dengan intrepretasi pengaruh yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai R = 0,907 pada uji Summary. Adapun prosentase pengaruh kedua variabel dilihat dari nilai R square = 0,823, yaitu 82,3%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa dalam menghafal Al-Qur‟an, maka baik pula keterampilan membaca teks Arabnya date: 2019-06-13 date_type: published pages: 140 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurul Hikmah, 15420062 (2019) KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36097/3/15370016_BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36097/2/15420062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf