<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr)"^^ . "Konsep waktu secara umum, sering dibangun dari gagasan logis yang terus\r\nmengalami perbaikan di setiap zamannya. Substansi waktu menjadi sebuah\r\nontologi, dimulai dari konsep limit sebagai suatu batas, kemudian menguraikan\r\nesensinya secara partikularitas menuju fragmentasi pemahaman yang universal\r\ndalam pemikiran dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan\r\nkonsep waktu atas pemikiran Fakhruddin ar-Razi dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih\r\nal-Ghaib sebagai data primernya, terbatas atas makna ajal, dahr, waqt dan ‘asr.\r\nMenjelaskan bagaimana perbedaan dan persamaannya, dan terakhir adalah\r\nkontribusi dari pemikiran Fakhruddin ar-Razi mengenai konsep waktu tersebut.\r\nPenelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) kualitatif, diolah\r\nmenggunakan metode deskriptif dan analisis.\r\nKata waqt dalam berbagai derivasinya, menunjukkan adanya ide mutlak dan\r\nkuasa tinggi, mengenalkan kepada pembaca akan pemahaman sebagai suatu hal\r\nyang ditentukan ataupun ditetapkan waktunya. Klasifikasi tema waqt adalah kisah,\r\nibadah, dan kiamat, derivasi lafadnya adalah أقتت dalam [77]: الوقت , 11 dalam [15]:\r\n38 dan [38]: لوقتها , 81 dalam [7]: ميقات , 187 dalam [7]: 142, [26]: 38 dan [56]: 50,\r\nميقاتا dalam [78]: لميقاتنا , 17 dalam [7]: 143, 155, [44]: مواقيت , 40 dalam [2]:189,\r\ndan موقوتا dalam [4]: 103. Kata miqat adalah sesuatu yang diperkirakan ( قدر ) di\r\ndalamnya amal dari beberapa amal. Kata waqt adalah waktu ( وقت ) untuk sesuatu\r\nyang diperkirakan perkiraannya di dalam permulaan ( .(وقت للشيء قدرة مقدر أولا\r\nKonsep ajal menggambarkan batasan atas kronologi dan historitas suatu hal, batas\r\nakhir suatu hal, timeline sebuah realitas, deadline (kematian). Tema ajal dalam\r\nklasifikasi lafad (kata) adalah 6] اجل مسمى ]: 2, [6]: 60, [14]: 10, [11]: 3, [13]: 2, [20]:\r\n129, [22]: 5, [29]: 53-54, [30]: 8, [16]: 61, [31]: 29, [35]: 13, 45, [39]: 5, 42, [23]:\r\n67, [26]: 14, [46]: 3, [71]: 7] اجلهم . 14 ]: 34, [10]: 49, [16]: 15 ] اجلها , 61 ]: 5, [23]: 43,\r\n[63]: 63 ] اجل قريب , 11 ]: 13 ] اجل كتاب , 10 ]: 28 ] الاجلين , 38 ]: 28 ] الاجل , 28 ]: اجل الله , 29\r\n[29]: 29 ] يستعجلونك , 5 ]: 54. Konsep dahr bermakna lifetime, momentum, dan masa.\r\nDipahami sebagai bagian dari takdir (kuasa tinggi) yang terus mengalami dinamical\r\nprocess pada setiap komparasi konsepsinya. Tema dahr الدهر adalah [45]: 24, [76]:\r\n1. Konsep ‘asr merupakan peralihan logika bahasa dari “memeras” menjadi\r\n“waktu” dalam kaitannya dengan “waktu ‘asr”, ataupun “demi masa” sebagai\r\nsumpah Allah Ta’ala kepada manusia, pendapat lain kata‘asr adalah ad-dahr\r\nbersesuaian dengan makna kontekstualnya. Tema kematian: [6]: 2, [63]: 10-11.\r\ntema asr عصر adalah [12]: 12 ] يعصرون , 36 ]: المعصرت , 49 dan 2] اعصار ]: والعصر , 266\r\n[103]: 1. Kontribusi Fakhruddin ar-Razi adalah membangun gagasan pemahaman\r\nyang komprehensif, konsep waktu mengalami penafsiran yang berbeda dalam\r\nsetiap tema, derivasi lafadnya, konteks dan historitasnya, menguatkan akan\r\npartikularitas pemahaman dalam bahasa dan pemikirannya, mengantarkan kepada\r\narah dengan interpretatif secara dinamis, dialektis dan luas. al-Qur’an memberikan\r\nakses secara informatif kepada akal manusia untuk memahami waktu sebagai suatu\r\nkeajaiban, banyaknya derivasi kata dalam ayat, pemaknaan yang luas, serta\r\nperdebatan yang panjang di dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Ghaib.\r\nKata kunci: Konsep Waktu, PenafsiranWaqt, Ajal, Dahr, dan ‘Asr dalam\r\nTafsir al-Kabir aw Mafatih al-Gaib"^^ . "2019-12-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12530018"^^ . "MOH. KHAYATUDIN"^^ . "NIM. 12530018 MOH. KHAYATUDIN"^^ . . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Text)"^^ . . . . . "12530018_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI\r\nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB\r\n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #36103 \n\nKONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI \nDALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB \n(Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ‘Asr)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . .