TY - THES N1 - PROF. DR. MUHAMMAD, M.AG. ID - digilib36103 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36103/ A1 - MOH. KHAYATUDIN, NIM. 12530018 Y1 - 2019/12/12/ N2 - Konsep waktu secara umum, sering dibangun dari gagasan logis yang terus mengalami perbaikan di setiap zamannya. Substansi waktu menjadi sebuah ontologi, dimulai dari konsep limit sebagai suatu batas, kemudian menguraikan esensinya secara partikularitas menuju fragmentasi pemahaman yang universal dalam pemikiran dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan konsep waktu atas pemikiran Fakhruddin ar-Razi dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Ghaib sebagai data primernya, terbatas atas makna ajal, dahr, waqt dan ?asr. Menjelaskan bagaimana perbedaan dan persamaannya, dan terakhir adalah kontribusi dari pemikiran Fakhruddin ar-Razi mengenai konsep waktu tersebut. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) kualitatif, diolah menggunakan metode deskriptif dan analisis. Kata waqt dalam berbagai derivasinya, menunjukkan adanya ide mutlak dan kuasa tinggi, mengenalkan kepada pembaca akan pemahaman sebagai suatu hal yang ditentukan ataupun ditetapkan waktunya. Klasifikasi tema waqt adalah kisah, ibadah, dan kiamat, derivasi lafadnya adalah ???? dalam [77]: ????? , 11 dalam [15]: 38 dan [38]: ?????? , 81 dalam [7]: ????? , 187 dalam [7]: 142, [26]: 38 dan [56]: 50, ?????? dalam [78]: ???????? , 17 dalam [7]: 143, 155, [44]: ?????? , 40 dalam [2]:189, dan ?????? dalam [4]: 103. Kata miqat adalah sesuatu yang diperkirakan ( ??? ) di dalamnya amal dari beberapa amal. Kata waqt adalah waktu ( ??? ) untuk sesuatu yang diperkirakan perkiraannya di dalam permulaan ( .(??? ????? ???? ???? ???? Konsep ajal menggambarkan batasan atas kronologi dan historitas suatu hal, batas akhir suatu hal, timeline sebuah realitas, deadline (kematian). Tema ajal dalam klasifikasi lafad (kata) adalah 6] ??? ???? ]: 2, [6]: 60, [14]: 10, [11]: 3, [13]: 2, [20]: 129, [22]: 5, [29]: 53-54, [30]: 8, [16]: 61, [31]: 29, [35]: 13, 45, [39]: 5, 42, [23]: 67, [26]: 14, [46]: 3, [71]: 7] ????? . 14 ]: 34, [10]: 49, [16]: 15 ] ????? , 61 ]: 5, [23]: 43, [63]: 63 ] ??? ???? , 11 ]: 13 ] ??? ???? , 10 ]: 28 ] ??????? , 38 ]: 28 ] ????? , 28 ]: ??? ???? , 29 [29]: 29 ] ????????? , 5 ]: 54. Konsep dahr bermakna lifetime, momentum, dan masa. Dipahami sebagai bagian dari takdir (kuasa tinggi) yang terus mengalami dinamical process pada setiap komparasi konsepsinya. Tema dahr ????? adalah [45]: 24, [76]: 1. Konsep ?asr merupakan peralihan logika bahasa dari ?memeras? menjadi ?waktu? dalam kaitannya dengan ?waktu ?asr?, ataupun ?demi masa? sebagai sumpah Allah Ta?ala kepada manusia, pendapat lain kata?asr adalah ad-dahr bersesuaian dengan makna kontekstualnya. Tema kematian: [6]: 2, [63]: 10-11. tema asr ??? adalah [12]: 12 ] ?????? , 36 ]: ??????? , 49 dan 2] ????? ]: ?????? , 266 [103]: 1. Kontribusi Fakhruddin ar-Razi adalah membangun gagasan pemahaman yang komprehensif, konsep waktu mengalami penafsiran yang berbeda dalam setiap tema, derivasi lafadnya, konteks dan historitasnya, menguatkan akan partikularitas pemahaman dalam bahasa dan pemikirannya, mengantarkan kepada arah dengan interpretatif secara dinamis, dialektis dan luas. al-Qur?an memberikan akses secara informatif kepada akal manusia untuk memahami waktu sebagai suatu keajaiban, banyaknya derivasi kata dalam ayat, pemaknaan yang luas, serta perdebatan yang panjang di dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Ghaib. Kata kunci: Konsep Waktu, PenafsiranWaqt, Ajal, Dahr, dan ?Asr dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Gaib PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Penafsiran Waqt KW - Ajal KW - Dahr KW - dan ?Asr dalam Tafsir al-Kabir aw Mafatih al-Gaib M1 - skripsi TI - KONSEP WAKTU MENURUT FAKHRUDDIN AR-RAZI DALAM TAFSIR AL-KABIR AW MAFATIH AL-GAIB (Diskursus Makna Waqt, Ajal , Dahr, dan ?Asr) AV - restricted EP - 102 ER -