<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI"^^ . "Pelaku tindak pidana korupsi sangat menimbulkan kerugian\r\nbagi masyarakat, baik mereka menyadarinya atau tidak. Sanksi untuk\r\nkoruptor secara yuridis telah dipaparkan dalam Undang-undang tindak\r\npidana korupsi. Sementara sanksi sosial terhadap pelaku tindak pidana\r\nkorupsi dapat kita jumpai dalam suatu hadis nabi saat perang Khaibar,\r\nyakni Rasul tidak berkenan untuk menyalatkan pelaku korupsi tersebut\r\ndan memerintahkan para sahabat untuk menyalatkan jenazahnya,\r\nnamun ternyata ada perbedaan pemahaman hukum antara Mazhab\r\nHambali dan Mazhab Syafi’i terkait hadis tersebut. Hal ini menjadi\r\nmenarik untuk diteliti dari sisi apa saja yang berbeda dari pandangan\r\nkedua mazhab tersebut dan hal apa saja yang melatarbelakangi\r\nperbedaan pandangan kedua mazhab tersebut terkait hukum tidak\r\nmenyalatkan mayit pelaku korupsi.\r\nSifat penelitian ini ialah deskriptif analitis. Sementara jenis dari\r\npenelitiannya ialah library research atau penelitian kepustakaan,\r\nsedangkan teknis analisis data yang penulis gunakan ialah analisis\r\nkomparatif dengan pendekatan u l fikih. Dalam penelitian ini teori\r\nyang digunakan ialah Al-ikhtilâf f î fahmi an-na , qiyas adna, dan\r\n, yakni terjadinya perbedaan pendapat antara Mazhab\r\nHambali dan Mazhab Syafi’i disebabkan oleh berbedanya mereka\r\ndalam cara memahami hadis di perang Khaibar tersebut.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mazhab Syafi’i\r\nberpendapat bahwa mayit pelaku korupsi (muslim) tetap memiliki hak untuk disalatkan, sebagaimana jenazah yang lain, baik itu oleh para\r\ntokoh dan pemuka agama maupun rakyat biasa. Hal ini berbeda dengan\r\npandangan Mazhab Hambali yang berpendapat bahwa mayit pelaku\r\nkorupsi (muslim) boleh disalatkan bagi sekalian umat muslim, kecuali\r\npara tokoh dan pemuka agama. Adapun yang menjadi penyebab\r\nberbedanya pendapat kedua mazhab di atas adalah perbedaan\r\npemahaman dan penafsiran terhadap sebuah hadis nabi tentang\r\nwafatnya salah seorang sahabat nabi di dalam medan perang Khaibar.\r\nMazhab Syafi’i memahami hadis tersebut bahwa Rasulullah\r\nMuhammad SAW. enggan untuk menyalatkan mayit/jenazah pelaku\r\npenggelapan atau korupsi pada hadis di atas ialah hanya dikhususkan\r\nkepada nabi seorang, sehingga selain Nabi Muhammad SAW. tetap\r\nmenyalatkan mayit/jenazah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan\r\nperintahnya yang berbunyi s oll ‘ l so b m (salatilah jenazah\r\nkawan kalian!) kepada para sahabat agar tetap menyalatkan\r\nmayit/jenazah pelaku korupsi tersebut. Sementara itu Mazhab Hambali\r\nmemahami hadis tersebut bahwasanya kalimat ll ‘ l b m\r\n(Salatilah jenazah kawan kalian!) adalah perintah bagi seluruh umat\r\nIslam untuk menyalatkan jenazah seorang muslim, sedangkan tidak\r\nmenyalatkannya Nabi Muhammad atas sahabat pelaku korupsi tersebut\r\nadalah isyarat (yang hanya dikhususkan) bagi para tokoh dan pemuka\r\nagama saja, supaya tidak menyalatkan mayit pelaku korupsi tersebut.\r\nKata kunci: Mazhab Syafi’i, Mazhab Hambali, tidak menyalatkan\r\nmayit pelaku korupsi"^^ . "2019-05-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 15360023"^^ . "LUKMAN FARISI"^^ . "NIM: 15360023 LUKMAN FARISI"^^ . . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Text)"^^ . . . . . "15360023_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Text)"^^ . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU\r\nKORUPSI:\r\nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB\r\nHAMBALI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #36132 \n\nHUKUM TIDAK MENYALATKAN MAYIT PELAKU \nKORUPSI: \nSTUDI PERBANDINGAN MAZHAB SYAFI’I DAN MAZHAB \nHAMBALI\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .