relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36188/ title: IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) BAGI PESERTA DIDIK KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANTUL YOGYAKARTA creator: Munadia Alhaq Widyastuti, NIM: 14480063 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Munadia Alhaq Widyastuti, ―Implementasi Metode Al-Qosimi dalam Menghafal Al-Qur‘an (Juz „Amma) bagi Peserta Didik Kelas III di SD Muhammadiyah Bodon Jagalan Bantul Yogyakarta‖. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. SD Muhammadiyah Bodon memiliki program unggulan yaitu Taḥfiẓul Qur‘an, yang mana targetnya ketika peserta didik lulus sekolah dasar mereka sudah mengantongi hafalan Al-Qur‘an (juz „amma). Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah beserta tim koordinator agama yang bertanggung jawab atas terlaksananya program taḥfiẓ ini adalah menerapkan metode yang dapat memudahkan peserta didik menghafal Al-Qur‘an (juz „amma). Sehingga dicetuskan metode Al-Qosimi menjadi pilihan metode menghafal Al-Qur‘an (juz „amma) bagi peserta didik di SD Muhammadiyah Bodon. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi implementasi metode Al-Qosimi dalam menghafal Al- Qur‘an (juz „amma) khususnya bagi peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Bodon. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Al-Qosimi dalam menghafal Al-Qur‘an (juz „amma) bagi peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Bodon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, tim koordinator agama, dan peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi metode Al-Qosimi dalam menghafal Al-Qur‘an (juz „amma) melalui tiga fase yaitu fase pertama membaca ayat secara klasikal maksimal 10 kali, fase kedua menghafal ayat secara individu, fase ketiga mengulang/murãja‟ah ayat dengan setoran. (2) faktor pendukung dan penghambat penghambat implementasi metode Al-Qosimi dalam menghafal Al-Qur‘am terdiri dari beberapa hal. Faktor pendukungnya yaitu alokasi waktu pembelajaran taḥfiẓ, dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kurangnya konsentrasi peserta ix didik, menghafal dengan tergesa-gesa, dan penurunan semangat menghafal peserta didik. Kata Kunci : Implementasi, Metode Al-Qosimi, dan Taḥfiẓ date: 2019-05-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36188/1/14480063_BAB-I_V%20%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36188/2/14480063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Munadia Alhaq Widyastuti, NIM: 14480063 (2019) IMPLEMENTASI METODE AL-QOSIMI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) BAGI PESERTA DIDIK KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH BODON JAGALAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.