eprintid: 36194 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/61/94 datestamp: 2020-03-12 06:41:03 lastmod: 2020-03-12 06:41:10 status_changed: 2020-03-12 06:41:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Neneng Lia Rohmalia, NIM: 15480003 title: PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Kepramukaan, Kecerdasan Interpersonal, Peserta Didik Kelas V SD. note: Bapak Sigit Prasetyo, M.Pd. Si. abstract: Neneng Lia Rohmalia (15480003) Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Kelas V di SD Idea Baru Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru, dan 2) berapa besar sumbangan (konstribusi) pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non eksperimen, variabel bebas dalam penelitian ini pendidikan kepramukaan dan variabel terikat kecerdasan interpersonal. Sampel diambil dari seluruh populasi yakni terdiri dari 62 peserta didik, pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pendidikan kepramukaan dan kecerdasan interpersonal peserta didik. Sebelum melakukan penelitian instrumen diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan linieritas, dan Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara pendidikan kepramukaan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V di SD Idea Baru yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 8.299 >1.671, dengan nilai P = 0,000 < 0,05, dan 2) sumbangan pengaruh sebesar 0,534 (53,4%) terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Adapun sisanya sisanya 46,6% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pendidikan Kepramukaan, Kecerdasan Interpersonal, Peserta Didik Kelas V SD. date: 2019-05-14 date_type: published pages: 187 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Neneng Lia Rohmalia, NIM: 15480003 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SD IDEA BARU KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36194/1/15480003_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36194/2/15480003_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf