eprintid: 36197 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/61/97 datestamp: 2020-03-13 01:58:11 lastmod: 2020-03-13 01:58:20 status_changed: 2020-03-13 01:58:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisya Rahma Fadhilla, NIM: 15480008 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPREUNERSHIP BERBASIS ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) DALAM UPAYA MENUMBUHKAN NILAI ENTERPREUNER SISWA KELAS 3 DI SD ISLAM KHALIFAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: public keywords: Pendidikan Enterpreunership, ESD, Nilai note: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I., abstract: Aisya Rahma Fadhilla, “Implementasi Pendidikan Enterpreunership berbasis ESD (Education fos Sustainable Development) Dalam Upaya Menumbuhkan Nilai Enterpreuner Siswa di SD Islam Khalifah Yogyakarta”. Skripsi.Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019 Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan program pendidikan enterpreunership berbasis ESD (Education For Sustainable Development) dalam upaya menumbuhkan nilai enterpreuner siswa di SD Islam Khalifah Yogyakarta, (2) seperti apa nilai-nilai enterpreuner yang ditumbuhkn melalui pendidikan enterpreunership berbasis ESD di SD Islam Khalifah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru serta siswa kelas 3, observasi mengenai program kegiatan yang dilaksanakan serta lingkungan sekolah, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi, dan dokumentasi mengenai proses pelaksanaan program kegiatan dan hal pendukung lainnya.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) keterlaksanaannya program pendidikan enterpreunership berbasis ESD (2) nilai- nilai enterpreuner yang dimiliki oleh siswa melalui pendidikan enterpreunership berbasis ESD di SD Islam Khalifah Yogyakarta. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan pendidikan enterpreunership berbasis ESD dilaksanakan dengan pengintegrasian ix kedalam 5 program yaitu mata pelajaran, ekstrakulikuler, pengembangan diri, muatan lokal, dan kultur sekolah yang masing - maing program memuat 5 karakteristik pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan atau ESD yaitu (a) Memberikan porsi yang memadai kepada siswa melalui pendidikan agama, etika, dan moral (b) Memerhatikan, memanfaatkan, dan mengembangkan pengetahuan adat (indigeneous knowledge) (c) Penerapan konsep pendidikan seumur hidup (long life education) yang mengikutsertakan dunia usaha dalam pemberdayaan sumber daya manusia melalui pelatihan di lingkungan kerja berdasarkan undang - undang (d) Peningkatan mutu proses pendidikan yang menekankan kemandirian peserta didik pendidikan untuk bertindak kreatif dan kritis terhadap keberlanjutan pembangunan dalam keluarga, bangsa, dan bangsa - bangsa yang beraneka ragan kebudayaan dan agamanya tetapi dipersatukan oleh kemanusiaan yang universal yang menjunjung hak- hak asasi manusia di dalam negara hukum. (e) Berperan aktif dalam pembentukan dan pengembangan identitas masyarakat lokal. Adapun nilai- nilai enterpreuner yang tumbuh pada diri siswa kelas 3 meilputi 6 nilai yaitu : mandiri, kreatif, berorientasi pada tindakan, berani mengambil resiko, kepemimpinan, dan kerja keras. Kata Kunci : Pendidikan Enterpreunership, ESD, Nilai date: 2019-06-10 date_type: published pages: 279 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aisya Rahma Fadhilla, NIM: 15480008 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPREUNERSHIP BERBASIS ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) DALAM UPAYA MENUMBUHKAN NILAI ENTERPREUNER SISWA KELAS 3 DI SD ISLAM KHALIFAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36197/1/1548008_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36197/2/15480008_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB%20TERAKHIR.pdf