%A NIM: 15480074 Siti Mahfudlotin Inayah %O Rohinah. S.Pd.I., M.A %T KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IMTAQ SEBAGAI SARANA BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V PARALEL MI AL-IHSAN MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA %X Siti Mahfudlotin Inayah, “Kegiatan Ekstrakurikuler Imtaq Sebagai Sarana Belajar Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas V Paralel MI Al-Ihsan Medari Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler imtaq sebagai sarana belajar membaca Al-Qur‟an siswa kelas V paralel MI Al-Ihsan Medari Sleman Yogyakarta. (2) bagaimana hasil kegiatan ekstrakurikuler imtaq sebagai sarana belajar membaca Al-Qur‟an siswa kelas V paralel MI Al-Ihsan Medari Sleman Yogyakarta. (3) faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler imtaq sebagai sarana belajar membaca Al-Qur‟an siswa kelas V paralel MI Al-Ihsan Medari Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Imtaq di kelas V paralel dilaksanakan secara klasikal diluar jam pelajaran pada hari rabu dan kamis dengan durasi satu jam setiap pertemuan. Adapun runtutan setiap pertemuan adalah salam, pembukaan, pemberian materi, dan penutup. 2) Hasil dari kegiatan ekstrakurikuler imtaq yang diikuti oleh 52 siswa dan terbagi menjadi 8 kelompok berupa 12 siswa pada tingkat iqra, 2 siswa pada tingkat juz amma dan 38 siswa pada tingkat Al-Qur‟an. 3) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler imtaq di kelas V paralel meliputi internal siswa (minat) dan eksternal siswa berupa lingkungan keluarga, lingkungan madrasah (waktu pengajaran, sarana pembelajaran), lingkungan sosial (tempat tinggal atau teman sebaya) dan pembimbing kegiatan ekstrakurikuler imtaq. Sedangkan faktor penghambat berupa internal siswa yaitu tingkat kecerdasan setiap siswa berbeda-beda dan eksternal siswa yaitu lingkungan (keluarga, teman kelas/teman sebaya, waktu pengajaran) dan sarana pembelajaran (kurangnya pemanfaatan sarana pembelajaran, buku pedoman). Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Imtaq, Al-Qur’an %K Ekstrakurikuler, Imtaq, Al-Qur’an %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib36199