relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36200/ title: PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019 creator: Ana Riskasari, NIM: 15480089 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Ana Riskasari, ―Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di MIN 1 Yogyakarta Kelas III Tahun Ajaran 2018/2019‖. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema sebagai pemersatu berbagai mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran tematik dapat dilihat dari perolehan hasil belajar. Namun berdasarkan hasil wawancara dan observasi di lapangan, peneliti menemukan beberapa peserta didik yang hasil belajarnya rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh guru. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema Cuaca di MIN 1 Yogyakarta. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III sebanyak 90 orang dan menggunakan purposive sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan soal pretest-posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik berupa uji paired sample t-test. Hasil penelian menunjukkan terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Outdoor Learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t test yang menunjukkan nilai (sig. 2 tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode outdoor learning di MIN 1 Yogyakarta kelas III. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Outdoor Learning,dan Hasil Belajar. date: 2019-04-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36200/1/1540089_BAB%201_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36200/2/15480089_BAB%20II_III_IV.pdf identifier: Ana Riskasari, NIM: 15480089 (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.