@phdthesis{digilib36209, month = {May}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK B2 DI TK NEGERI KARANGMOJO TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 14430060 Fitri Widiastuti Marfuah}, year = {2019}, note = {Dr. Ichsan, M.Pd.}, keywords = {Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36209/}, abstract = {FITRI WIDIASTUTI MARFUAH, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B2 di TK Negeri Karangmojo Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian kemampuan membaca permulaan anak sebelum diadakannya kegiatan media kartu kata huruf, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan media kartu huruf di kelompok B2 TK Negeri Karangmojo, (3) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 TK Negeri Karangmojo setelah diadakannya kegiatan media kartu huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis \& Mc Taggart yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B2 TK Negeri Karangmojo kelompok B2. Metode pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca permulaan dengan kategori tinggi mencapai persentase 75\%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan membaca permulaan di TK Negeri Karangmojo pra tindakan 12.50\% dengan minimal kategori tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi). (2) Penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B2 di TK Negeri Karangmojo. Pelaksanaan pembelajaran media kartu huruf berhasil meningkat dari kategori tinggi pada siklus I menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II. (3) setalah diterapkan pembelajaran menggunakan media kartu huruf dapat diketahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak pada siklus I sebesar 68.75\% (kategori tinggi dan sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 87.50\% (kategori tinggi dan sangat tinggi). Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf} }