%0 Thesis %9 Skripsi %A Endah, NIM: 13420043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:36218 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K metode mind map, nahwu, hasil belajar. %P 217 %T EKSPERIMENTASI METODE MIND MAP PADA PEMBELAJARAN NAHWU BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 3 SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36218/ %X ENDAH (13420043). Eksperimentasi Metode Mind Map Pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 3 Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi metode mind map pada pembelajaran nahwu bahasa Arab, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretesposttest design. Untuk menguji hipotesis, peneliti melakukan uji-t melalui program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pene rapan metode mind map di kelas VIII A diawali dengan penjelasan pengertian mind map besereta contoh-contohnya, aturan dan langkah-langkah pembuatan mind map. Pada kegiatan inti siswa berkelompok membuat satu buah mind map terkait materi, masing-masing kelompok mengajukan perwakilan untuk menjelaskan mind map di depan kelas. Di akhir pembelajaran, guru merefleksi dan menyimpulkan materi. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar nahwu bahasa Arab menggunakan metode mind map dengan yang tidak menggunakan metode mind map. Hal tersebut terlihat pada uji “t” nilai pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 (Ha diterima). Peningkatan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 38.75 point, sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan nilai rata-rata posttest sebesar 3.12 point. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar nahwu bahasa Arab. Kata Kunci: metode mind map, nahwu, hasil belajar %Z Dr. Nasirudin, M.S.I., M.Pd.,