TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Tri Septiyantono, M. Si., ID - digilib3623 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3623/ A1 - FEBRINA AULIA RAHMI - NIM. 05140022, Y1 - 2010/02/04/ N2 - Perpustakaan sebagai tempat untuk belajar membutuhkan intensitas pencahayaan yang cukup untuk mendukung aktivitas penggunanya. Pencahayaan pada ruang perpustakaan menentukan kenyamanan beraktifitas di dalam ruangan perpustakaan bagi pemustaka. Hal ini merupakan salah satu aspek dari pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan dan kenyamanan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ruang Perpustakaan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta sudah sesuai dengan standar pencahayaan yang direkomendasikan untuk ruang perpustakaan atau belum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode pendekatan ergonomi. Pengambilan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan metode bahan visual. Metode obeservasi dilakukan dengan pengamatan secara mendalam disertai dengan aktivitas pengukuran kondisi eksisting intensitas pencahayaan di ruang perpustakaan dan menganalisa kondisi pencahayaan ruang perpustakaan tersebut baik alami maupun buatan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pencahayaan ruangan misalnya orientasi jendela, pemasangan refleksi plafon, jumlah lampu dan penataan perabotan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa intensitas pencahayaan rata-rata sebesar 91 lx untuk penerangan system pencahayaan alami dan 272 lx untuk penerangan yang menggunakan sitem pencahayaan buatan. Hasil tersebut tidak sesuai dengan standar pencahayaan yang direkomendasikan untuk ruang perpustakaan yaitu sebesar 300 lx. Untuk itu dilakukan analisa data hasil observasi untuk mencari solusi menambah intensitas pencahayaan ruangan dengan lebih mengoptimalkan sitem pencahayaan alami. Alternatif solusi yang dilakukan untuk mendapatkan pencahayaan yang optimal adalah dengan mengatur penempatan perabot yaitu rak buku dan meja atau mengganti system tata ruang dengan sistem tata ruang model tata parak. Serta mengganti kerai besi yang berfungsi sebagai refleksi plafon dengan kerai bersifat manual yang dipasang di dalam ruangan agar pemanfaatan cahaya alami lebih optimal atau penerangan sepanjang hari menggunakan pencahayaan buatan dan tetap menggunakan kerai besi tetapi dengan penutup atau pelindung diseluruh permukaan kerai agar kondisi ruangan lebih gelap ketika lampu tidak hidup. Sehingga pencahayaan buatan bisa lebih merata dan menyeluruh. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Ergonomi KW - Pencahayaan Ruang Perpustakaan M1 - skripsi TI - EVALUASI PENCAHAYAAN RUANG PERPUSTAKAAN DI MADRASAH MU?ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Studi Ergonomi) AV - restricted ER -