<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas)"^^ . "Trinitas adalah konsepsi ketuhanan yang diyakini oleh sebagian besar umat\r\nKristiani. Pada dasarnya, dalam abad pertama tidak satu pun formula yang diakui\r\nsebagai suatu pengakuan iman yang tidak menimbulkan pemahaman yang tidak\r\nbersisi-dua (ambigu), sehingga pemaknaan terhadap konsepsi Trinitas itu sendiri di\r\nkalangan umat Kristiani memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Banyak hal yang\r\nmelatarbelakangi perbedaan interpretasi ini, salah satunya adalah ketidakpahaman\r\nterhadap proses lahirnya doktrin Trinitas, sehingga dogma Trinitas dianggap sebagai\r\nkebenaran yang bersifat final.\r\nTerkait akan hal ini, penulis mencoba meneliti faktor yang melatarbelakangi\r\nmunculnya perdebatan teologi, sebagai upaya mengetahui faktor pemicu\r\nterjadinya perdebatan tersebut. Serta bagaimana perdebatan yang terjadi di dalam\r\nkeempat Konsili Oikumenis tersebut, sebagai upaya mengetahui gambaran secara\r\nutuh mengenai perdebatan teologi yang terjadi di dalamnya.\r\nDalam menjawab \"why it happened and how it happened\", penulis\r\nmenguraikan kajian ini dengan menggunakan pendekatan historis untuk menjawab\r\npertanyaan ini. Serta menggunakan metode deskriptif analitis, menggambarkan\r\nkompleksitas konflik yang terjadi di dalam keempat Konsili Oikumenis yang\r\nmemiliki sejarah yang cukup pelik, sehingga menghasilkan doktrin Trinitas dengan\r\nsegala macam pemaknaannya.\r\nBerawal dari kontroversi mengenai relasi Yesus dengan Allah Bapa. Arius\r\ndengan tegas mengatakan bahwa Yesus adalah makhluk, dan Allah Bapa adalah\r\n\"Allah Sejati\". Sedangkan Alexander melalui orang kepercayaannya Athanasius\r\nmengatakan bahwa Yesus Ilahi sepenuhnya. Akhirnya Kaisar Constantine menggelar\r\nKonsili Nicea, mengusulkan rumusan kompromi demi menjaga keutuhan wilayah\r\nKekaisaran. Istilah homoousios digunakan sebagai Rumusan Iman Nicea. Konsili\r\nKonstantinopel, mempertegas kembali konsep homoousios dengan tambahan status\r\nRoh Kudus. Gagasan Bapa-bapa Kapadokia mengenai kesatuan ilahi antara tiga\r\nkeilahian, berseberangan dengan pengikut Macedonius yang membenarkan keallahan\r\nYesus tetapi menganggap Roh Kudus sebagai makhluk, serta pemikiran Apollinaris\r\nyang menganggap Yesus hanya memiliki satu tabiat ilahi saja. Perdebatan berakhir\r\nsetelah Theodosius Agung yang anti-Arian naik tahta Kekaisaran. Istilah \"sehakekat\r\ndengan Bapa\" diambil sebagai Rumusan Iman Konstantinopel. Konsili Efesus,\r\npemaknaan akan tabiat Yesus kembali diperdebatkan. Pemikiran Cyrillius (Uskup\r\nAlexandria) akan peleburan tabiat ilahi dan manusiawi yang condong\r\nmenitiktekankan pada tabiat keilahian Yesus dengan tambahan gelar \"Theotokos\"\r\nbagi bunda Maria, berlawanan dengan pemikiran Nestorius (Patriarkhi\r\nKonstantinopel) yang tetap mempertahankan kedua tabiat Yesus dan menolak gelar\r\n\"Theotokos\". Walhasil, Kaisar Theodosius II membatalkan segala keputusan demi\r\nmenjaga keutuhan Negara dan Gereja. Konsili Chalcedon, berawal dari perdebatan\r\nkaum Monofisit dengan kaum Nestorian. Sekalipun de Jure perdebatan ini terjadi\r\nantara dua pihak yang saling bertikai, akan tetapi de Facto keputusan yang diambil\r\nmerupakan hasil pemikiran Leo I serta Kaisar Marcianus yang memberikan andil di\r\ndalamnya. keputusan Konsili Chalcedon merupakan rumusan kompromis, sebagai\r\n\"jalan Tengah\" bagi semua pihak yang saling bertikai.\r\nPada akhirnya, semua perdebatan yang terjadi, memperlihatkan kepada kita\r\nakan sketsa pergumulan teologi yang sarat akan kepentingan tertentu, yakni\r\nkepentingan gerejawi dan kepentingan politik Kekaisaran Romawi. Sehingga\r\nkonsepsi Trinitas yang dilahirkan lebih bersifat kompromis daripada bersifat lnjili."^^ . "2007-01-08" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 01520778"^^ . "MAULANA AGUNG HUMAIDY"^^ . "NIM: 01520778 MAULANA AGUNG HUMAIDY"^^ . . . . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Text)"^^ . . . "01520778_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Text)"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . . "PERDEBATAN TEOLOGI\r\nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #36259 \n\nPERDEBATAN TEOLOGI \nDALAM EMPAT KONSILI OIKUMENIS (Studi Terhadap Kelahiran Konsep Trinitas)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Kristen (Christianity)" . .