@phdthesis{digilib36290, month = {November}, title = {Budaya Negatif Lahwun di Balik Permainan Play Station Terhadap Mahasiswa Aktivis Organisasi Ekstra (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM: 02540991 Muslihah Mantemas}, year = {2006}, note = {Muhammad Amin Lc, M.A - Ustadi Hamzah,S.Ag,M.Ag}, keywords = {Budaya Negatif, Lahwun, Permainan Play Station, Mahasiswa Aktivis Organisasi Ekstra}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36290/}, abstract = {Di era postmodern, perkembangan teknologi telah memunculkan dua sisi yang saling bertolak belakang dan berlawanan satu dengan yang lainnya. Dan salah satu dari produk teknologi tersebut adalah permainan PS. Ketika manusia bisa menguasai dan lebih memahami serta memfilterisasi kehadiran teknologi dari segi penggunaan dan tujuannya, maka hal tersebut bisa menjadikan kelangsungan hidup manusia secara harmonis dan berkesinambungan., begitu pun sebaliknya, apabila manusia kurang bisa mengelola dan mengendalikan teknologi secara baik dan tepat maka yang terjadi adalah sebuah dunia yang didominasi oleh masyarakat dengan kedangkalan kebudayaan, dan tertu martabat manusia akan merosot ke tingkatan yang rendah dan disertai dengan manusia yang menuju ke arah kehancuran, tanpa memiliki suatu pegangan atau pedoman hidup yang benar. Dari permasalahan tersebut, terdapat banyak ketimpangan sosial yang terjadi khususnya di kalangan mahasiswa yang betkecimpung dalam aktivis organisasi ekstra kampus UIN Sunan Kalijaga, padahal hal ini sangat kontradiktif sekali dengan mahasiswa yang cenderung memiliki idealitas yang tinggi, dan mampu berpikir kritis dengan segala sesuatu yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat. Dalam penelitian ini metodologi yang di angkat adalah metodologi kualitatif, serta untuk memperoleh data dari permasalahan tersebut dan guna tercapainya validitas data maka metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi mengenai gambaran yang lebih jelas tentang permasalahan antara aktivis mahasiswa dengan game PS, dan kemudian untuk wawancara dilakukan terhadap para mahasiswa yang sangat tepat dalam pengumpulan data. lnforman tersebut adalah para aktivis organisasi ekstra kampus UIN Sunan Kalijaga. Dari hasil yang didapatkan, terdapat beragam pendapat dalam memandang media game PS sebagai salah satu produksi dari teknologi. Dalam hal ini PS secara tidak langsung, cenderung memberi dampak negatif terhadap kinerja dan aktivitas para mahasiswa aktivis organisasi ekstra kampus UlN Sunan Kalijaga akan tetapi dalam hal ini pengaruh yang muncul pada dasarnya diakibatkan karena manusia yang mengkonsumsinya kurang bisa mengontrol diri dihadapan suatu teknologi. untuk merealisasikan suatu masyarakat yang mampu memanfaatkan dan menggunakan teknologi secara baik dan benar, maka masyarakat dalam hal ini mahasiswa harus mampu berpikir kritis dan logis, karena Allah SWT sendiri telah menganugerahkan akal kepada manusia, yang merupakan suatu anugerah yang sangat berharga. Untuk itu sebagian mahasiswa yang bergelut dalam aktivis organisasi ekstra ketika melihat ketimpangan sosial di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga merasa bahwa hal tersebut juga tak lepas dari peran dan tanggung jawab mereka, karena dalam hal ini aktivis mahasiswa merupakan sebagai motor penggerak ketika terjadi ketimpangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang disebabkan oleh berbagai hal khususnya teknologi. Untuk itu mereka berinisiatif mengadakan suatu kegiatan sebagai mediasi dalam rangka mensosialisasikan penggunaan dan pemanfaatan teknologi secara baik dan benar sebagai salah satu dari bentuk respon dan tanggung jawab mereka dengan melakukan pendekatan kultural spiritual.} }