<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL"^^ . "Manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial dan mahluk individu. Sebagai mahluk individu ia \r\nmerupakan realitas 'diri' yang dimiliki pribadi, tidak satupun 'diri' seseorang bisa dimiliki oleh \r\norang lain. Ia juga mahluk sosial karena manusia terlahir di tengah-tengah masyarakat. Dengan \r\nkemajuan yang di peroleh lewat akalnya, membawa manusia pada taraf kehilangan jati diri dan semakin \r\njauh dari hakikat Ilahi. Ia kehilangan kendali dan lepas dari pada 'jalan' yang secara kodrati \r\nmerupakan 'jalan' yang tercipta bagi manusia. Problematika yang ingin dijawab manusia adalah \r\ntentangjati diri, hakikat, kodrat dan sifat-sifat manusia yang berbeda dengan mahluk lain, \r\nhubungannya antara jiwa dan raga, serta kebebasannya di tengah-tengah arus modernitas yang membawa \r\npada hilangnya kesempurnaan dalam dirinya.\r\nPemikiran tokoh yang membicarakan tentang konsep kesempurnaan manusia adalah Confucius dan Muhammad \r\nIqbal. Dengan menggunakan pendekatan filsafat manusia (aksiologi) terutama mengenai nilai-nilai \r\netika dan moralitas, tulisan ini dengan metodologi deskriptif komparatif mencoba menjawab beberapa \r\npennasalahan. Pertama, tentang konsep manusia dalam ajaran Confucius dan Muhammad Iqbal, terutama \r\ntentang korisep manusia sempurna, sehingga diharapkan kita mengetahui konsep manusia sempurna dalam \r\npandangan kedua tokoh tersebut. Kedua mencoba menguraikan persamaan dan perbedaan pandangan tokoh \r\ntersebut diatas.\r\nMelalui beberapa karyanya Confucius berusaha membawa manusia\r\nkedalam kesempurnaan jiwanya melalui beberapa ajarannya. Ia mengkategorikan etika individu dan \r\netika sosial. Di mana etika individu terdiri dari: Yi (kelayakan), Li (sopan santun), Chi \r\n(kebijaksanaan), Tao (jalan). Sedangkan etika sosial terdiri dari: Jen (prikemanusiaan), Hsiao \r\n(bakti anak pada Ayah dan Ibu), Cheng Ming (pembenaran nama-nama), dan Wu Lun (lima hubungan \r\nkemanusiaan). Ia berpendapat bahwa manusia akan mencampaian kesempurnaan dengan merealisasikan \r\najarannya itu. Sedang Muhammad Iqbal menggagas konsep manusia sempurna yang dilandasi dengan konsep \r\nego (Khudi). Menurutnya khudi dapat diperkuat kedudukannya dengan: cinta (isyq), faqr, keberanian, \r\ntoleransi, kasb-i halal dan kreatifitas dan orsinilitas kerja. Tetapi khudi juga akan lemah dengan: \r\ntakut (khau.fJ, minta-minta (sua!), perbudakan dan sombong. Menurut Iqbal dengan memposisikan khudi \r\nsekuat mungkin ia akan menjadi khalifatullah fil ardhi (co-creator Tuhan di bumi).\r\nDengan konsep tersebut manusia diharapkan akan menjadi manusia sejati,\r\nyang memiliki keunggulan, kesempurnaan dan kecerdasan dalam diri pribadi dan sosialnya. Dalam \r\npandangan Confucius di istilahkan dengan Chun Tzu, manusia sempurna yang memiliki kesempurnaan \r\nmoral dan etika. Sedang dalam pandangan Muhammad Iqbal diistilahkan dengan lnsan Kamil. Sifat \r\nJnsan Kamil tercennin dalam khalifatullah fil ardhi (insan penaka Tuhan), yang sebelumnya terbentuk \r\ndan telah menempuh tiga tingkatan, yaitu patuhnya ego pada hukum dan kesadaran diri (self control)."^^ . "2006-12-11" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02510959"^^ . "Darus Riadi"^^ . "NIM. 02510959 Darus Riadi"^^ . . . . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Text)"^^ . . . . . "BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Text)"^^ . . . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP MANUSIA SEMPURNA\r\nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #36361 \n\nKONSEP MANUSIA SEMPURNA \nDALAM PANDANGAN CONFUCIUS DAN MUHAMMAD IQBAL\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .