<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam)"^^ . "Ada semacam kekhawatiran yang meliputi pemikiran sebagian besar pemerhati moralitas, sehubungan \r\ntidak sedikit program yang ditayangkan di televisi sesungguhnya tidak layak untuk dikonsumsi \r\nterutama oleh anak-anak Islam, termasuk film-film yang kini banyak digemari anak-anak di seantero \r\ndunia.Film kartun SpongeBob merupakan salah satu produk yang saat ini menjadi santapan 283,5 juta \r\nrumah tangga di 157 negara di dunia. 125,6 juta di antaranya (44,3 %) ada di kawasan Asia-Pasifik. \r\nDi Indonesia, produk ini dinikmati oleh 17 j uta rumah tangga.\r\nMenyadari potensi televisi sebagai media yang dapat menyampaikan pesan-pesan pendidikan secara \r\nefektif dan mampu mempengaruhi persepsi seseorang, penulis memandang film SpongeBob merupakan obyek \r\nstudi yang menarik untuk diteliti sebab berhubungan erat dengan pembentukan persepsi yang \r\nberpotensi mengarah pada 1ahirnya nilai-nilai etis baru yang penulis anggap kontradiksi dengan \r\nniliai-nilai etika Islam.\r\nPermasalahan yang penulis angkat adalah: p ertama, Apakah pengaruh yang ditimbulkan dari nonton \r\nfilm kartun SpongeBob Squarepants terhadap persepsi keberagamaan anak usia seko1ah dasar di \r\nKecamatan Umbulharjo Yogyakarta ? Dan kedua, bagaimana hubungan persepsi keberagamaan anak usia \r\nsekolah dasar di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta pasca menonton film kartun SpongeBob dengan dengan \r\nnilai-nilai etika islam?\r\nDalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu kuesioner (angket),\r\ninterview, dokumentasi dan metode analisis deskripsi. Kemudian hasil analisis statistik itu \r\ndireview menurut pendapat filsafat etika Islam dengan pendekatan library research , karena \r\npenelitian ini adalah penelitian kualitatif.\r\nHasil penelitian menunju kkan bahwa aktivitas menonton film kartun SpongeBob memiliki pengaruh \r\nyang signifikan positifterhadap persepsi keberagamaan anak usia sekolah dasar kelas 1-3 di \r\nKecamatan Umbulharjo , hal ini terbukti dari temuan penulis bahwa meskipun I 00% percaya akan \r\nkeberadaan Tuhannya, ternyata kehadiran film kartun SpongeBob telah menambah permasalahan yang \r\ndihadapi anak terutama ketika aqidah anak mulai digeser oleh jumlah waktu yang diperlukan untuk \r\nmenonton film ini. Pada dimensi peribadatan (ritual; praktek agama) atau syari'ah menunjukkan bahwa \r\nanak telah kehilangan kedisiplinan dalam menjalankan ritual keagamaan seperti shalat, mengikuti \r\npengajian anak dan lain-lain. Pada dimensi pengamalan atau akhlak, persepsi keberagamaan anak \r\nternyata memiliki kandungan negatif yang perlu diwaspadai , terutama yang berkaitan dengan \r\npemancaran sikap yang terefleksikan pada persepsi sehari-hari . Sebanyak 47.1% dari responden \r\nmengakui memiliki kebiasaan setelah bangun tidur langsung menyalakan televisi dan mencari film \r\nkartun SpongeBob, 49.3% responden mengakui waktu belajarnya sering tersita. Padahal 33.5% anak, \r\nmenyadari bahwa aktivitas menonton film kartun SpongeBob terlalu lama merupakan bagian dari sikap \r\nmenyia-nyiakan waktu yang akan menyebabkannya kerugian. dan I 00% dari mereka merasa takut kepada \r\nAllah jika melakukan kesalahan.\r\nPada dimensi pengetahuan atau ilmu ternyata jumlah waktu yang digunakan untuk\r\nmenonton film ini juga cukup cukup banyak . Efek yang langsung terjadi pada diri anak adalah tidak \r\nbertambahnya pengetahu an agama. Sehingga ada kemungkinan yang besar generasi Islam 1ambat 1aun \r\ntidak mengenal terhadap agamanya . Sedangkan pada dimensi pengalaman atau penghayatan , meskipun \r\nmereka menyadari bahwa banyak menonton film ini adalah sikap menyia-nyiakan waktu , ternyata anak \r\nusia sekolah dasar kelas 1-3 di Kecamatan Umbulharjo juga harus diwaspadai , karena malasnya \r\nme1aksanakan ibadah shalat, berarti malas pula berdo'a kepada Tuhannya. Jika malas shalat, maka \r\ntidak mungkin mereka merasakan adanya kedekatan dengan Tuhannya, padahal shalat adalah \r\nsatu-satunyajalan yang dapat mendekatkan dirinya dengan Tuhannya.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nix"^^ . "2006-04-05" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 99512957"^^ . "ENY RAHMAWATI"^^ . "NIM. 99512957 ENY RAHMAWATI"^^ . . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Text)"^^ . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERSEPSI KEBERAGAMAAN\r\nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB /\r\n\r\n(Analisis Filsafat Etika Islam) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #36379 \n\nPERSEPSI KEBERAGAMAAN \nANAK PENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB / \n \n(Analisis Filsafat Etika Islam)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .