eprintid: 36392 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/03/63/92 datestamp: 2019-08-20 03:22:25 lastmod: 2019-08-20 03:22:25 status_changed: 2019-08-20 03:22:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ALI IMRON, NIM. 01530685 title: ETIKA BERINTERAKSI DENGAN AL-QUR 'AN (STUDI KOMPARASI ATAS PEMIKIRAN IMAM NAWAWI AL-DAMASQI DAN YUSUF AL-QARADAWI) ispublished: pub subjects: T divisions: jur_tha full_text_status: restricted keywords: etika berinteraksi, studi komparasi, imam nawawi al-damasqi, yusuf al-qaradawi note: Dr. Suryadi., M.Ag. abstract: Masalah bagaimana semestinya seseorang memperlakukan al-Qur’an adalah sesuatu yang menarik untuk didiskusikan, apalagi bagi seorang muslim. lnilah tema yang disebut etika berinteraksi dengan al-Qur'an. Kehadiran _al-Nawawi dengan al-Tibyan fi adab hamalah al-Qur'an-nya dan al-Qaradawi dengan Kaifa Nata 'amal ma'a al-Qur’an-nya membuktikan bahwa tema ini mendapat kan perhatian serius dari mereka, para sarjana muslim. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap lebih jauh tentang pemikiran kedua tokoh tersebut dan diarahkan untuk menjawab tiga pertanyaan mendasar: Bagaimana deskripsi pemikiran kedua tokoh itu tentang tema ini? Jika di_komparasikan bagamana karakteristik kedua pemikiran itu? Apa relevansi pemikiran keduanya bagi studi al-Qur' an kontemporer di Indonesia. Dalam al-Qur'an, sebenarnya banyak ditemukan istilah-istilah kunci tentang etika, seperti haq dan batil, birr dan fujur,salih dan fasad, dan lain sebagainya. Masing-masing istilah tersebut ketika diteliti dengan ilmu semantik, ternyata mempunyai keunikan-keunikan tersendiri di samping juga memiliki kesamaan-kesamaan maknawi. Demikian pula dengan al-Sunnah. Namun karena keduanya (al-Qur'an dan al-Sunnah) menggunakan bahasa yang sama (Arab), maka makna yang ada pada istilah-istilah dalam al-Qur'an dianggap sama dengan yang ada pada al-Sunnah. Pemahaman akan hal ini terasa cukup penting, mengingat al-Qur'an dan al-hadis merupakan dua sumber utama yang dijadikan rujukan oleh al-Nawawi dan al-Qaradawi dalam meletakkan dasar-dasar pemikiran etisnya. Diskripsi dari pemikiran al-Nawawi tentang etika berinteraksi dengan alQur'an ini ternyata didominasi oleh pembicaraan tentang etika tata amal. Hal-hal seperti sebelum membaca harus berwudlu dulu, menghadap kiblat, membersihkan gigi, dan lain-lain. Sementara deskripsi dari pemikiran al-Qaradawi lebih banyak didominasi oleh etika tata pikir dalam berinteraksi dengan al-Qur'an. Hal-hal yang bersifat amaliyah teknis hanya diulasnya dengan singkat. Setelah kedua pemikiran itu dikomparasikan dengan metode komparasi simetris dan pengambilan kesimpulan dilakukan dengan cara deduktif, maka tampaklah karakteristik masing-masing, bahwa mereka berbeda dalam sisi titik tekan pemikiran, sikap terhadap pemikiran yang lain dan hadis-hadis lemah; dan memiliki kesamaan dari sisi ontologis dan astunsi dasar. Setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan timbulnya perbedaan dan persamaan ini, yaitu factor ideologis, faktor asumsi dasar, dan faktor perbedaan epistemologi. Umat muslim Indonesia ini layak untuk kembali melihat tatanan-tatanan etika berinteraksi dengan al-Qur'an yang telah dirumuskan oleh leluhur madzhabnya, seperti al-Nawawi Sebab, tokoh ini memiliki kedekatan geneologis madzhab dengan umat Muslim Indonesia yang mayoritas bermadzhabkan Syafi'iyyah. Dari sana, diharapkan kemungkinan kontekstualisasi dan penerapannya semakin terbuka lebar. Tentunya dengan bennacam penyesuaian dengan kondisi sosio-historis yang ada. date: 2006-07-17 date_type: published pages: 256 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ALI IMRON, NIM. 01530685 (2006) ETIKA BERINTERAKSI DENGAN AL-QUR 'AN (STUDI KOMPARASI ATAS PEMIKIRAN IMAM NAWAWI AL-DAMASQI DAN YUSUF AL-QARADAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36392/1/01530685%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36392/2/01530685%20%20BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf