@phdthesis{digilib36408, month = {May}, title = {SAHABAT-SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW. DALAM AL-QUR' AN}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 02531110 BADARUDDIN}, year = {2007}, note = {Prof. Dr. Muhammad Khirzin, M. Ag.}, keywords = {SAHABAT-SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36408/}, abstract = {Sahahat-sahahat Nahi Muhammad Saw. adalah. generasi p.ertama [slam yang diklaim ofeh Nabi sen:diri sebagai errerasi terbaik (khaii" aJ..:qunm) dari .mnat yang p.emab .ada. N.amun dati J J 4.000 jumlab .para sahahat yang diperkirakan oleh ahli sejarah, ternyata tidak serta merta rnereka dijelaskan langsung dalarn ayat-ayat. Al-Qur' an walaupun rnereka menjadi a:.wiih ai-BHZiil sebagian ayat. Karenanya, mengungkap siapa saja sahabat-sahabat Nabi yang dijelaskan langsung dan tidak langsung dan melacak di mana saja keberadaan mereka dalam Al-Qur'an serta rnengehthtii bagaimana peran dan hubungan mereka dengan asbiib al-nuziil suatu ayat menjadi penting Wltuk diteliti. Penelitian ini ? merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengolahan datanya menggunakan metode deskriptif.anaHsis, yaitu menguraikan ?siapa saja? dan? di mana saja keberadaan sahabat-sahahat Nabi Mt1hammad Saw. yang menjadi asbib al-nuziil Al-Qur'an melalui sumber primer, yaitu kitab '1ubiib ?al Nuqiil fi asbiib al?Nuziil .. karya ?al-Suyiiti, dan sumber..sun1ber sekunder, seperti kitab-kitab asbao al-nuziil, kitab-kitab tafsir bi al-ma'stii dan literatur?-literatur lain? yang terkait clengan ?penelitian inL Ada? tiga ? pola -redaksi penyampaian suatu riwayat yang sering digunakan oleh perawi untuk menunujuk pcran dan hubungan -seseorang at au k-clompok dalam turunnya -suatu ayat dan ?hal ini lazim dalam kitab-kitab asbiib al-nuzii(, khususnya kitab "Lubib at-Nuqiil fi A.9bib- ai Nw:iiln. antara? lain "nw,alat hazih al-ayah fi" (turunnya- ayat ini disebabkan ...), rsnazalat fi" d!rn 'Ta anzala Alliiil hiiih al-iiyah tr ?setelah mendeskripsikan slapa saja dan ?di mana ?saja keberadaan sahabat-sahabal Nabi ?M"Lihammad' Saw.'daiam ?Al:..Qur"an, lafu dilanJutkan -dengan meng-anaHsis peran dan hubungan para sahabat Nabi dengan asbib al-nuziil. Satu-'satunya sahabat Nabi yang dijelaskan ?Iangsung (mll?arra\}J) ?dahttn Al-Qur'an hanyu Zaid ibn IJ\_arisah ibn Syarl!abil al-Kalbi, tepalnya dalam sural al-?Alp:-8\&\{33) a\_yat 3t itupun?han\_ya??dcn\_gan nama??dcpannya "Saja, yaitu Z:aid, s clangkan sahabat-sahabat lain yang tidak dijelaskan langsung (mubha.m) namun mereka terkait ?dengan asbiib al-Nnziil ?sebagian ayat.?ayat Al-Qur'an ditemukan 174 sahabat laki-laki (;;al,Jiibllh) dan sahabab-sahabat wanila (. aljiibjyyitFdalam 1?9 ayat ?di 40 surat. 13? dari 174 sahabat'"'sahabat Nabi tersebut adalah sahabat-sahabat wanita. Titlak -ada perbedaan peran ;dan -hubul1'gan 'Sahabat-'Sahabat Nabi yang dijelaskan-langsung-atau yang tidakdijelaskan lang5ung dalam Al-Qui' an dengan 'B..roiib??aJ;.nuziil; juga tidak ditcmukan?, ada:nya-pcrbcdaan -peran para ahabat- da.am yat- yat 111akJi:fyyali- dan-111adimjjyali, kecuali intensitas kebersamaan (.sul)b8li) dan interaksi (talli'trl)mereka dengan Nabi yang berpotensi memt nculkan ragam petistiwa .(waqi''F), pertanyaan -dan .pemiintaan -peujelasan .(8u 1if1 wa isti!Sir) mereka- -kepada ?Nabi, ?baiktentang?sosial..:budaya, -ekooomi, politikdan- lain-lain yang meny.ebabkan. \{asbiib al nuziil): tur:un!lya. ayat-ayat A!..:Qur'an unt-uk menjelaskan statu\& hukum syar'inya. Namun, Jdas sekali pengarnh perbeda.an .ayat ayat makkiyyah :dan madani.yyah sccara signiflkan tcrhadap muatan dan -pesan ayat-ayat ?yangterkandtmg.} }