<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA"^^ . "\"Barokah\" sebagai sebuah orientasi kehidupan di pesantren dimaknai secara beragam oleh para santri \r\nsesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Pemaknaan tersebut mengarah pada sebuah anggapan bahwa \r\nkyai merupakan perantara untuk mendapatkan barokah Ilahi. Maka wajarlah jika pada masyarakat \r\ntertentu (Madura), kepatuhan mereka kepada figur kyai jauh melebihi kepatuhannya pada pejabat, \r\nbirokrasi atau institusi negara. Karena orientasi inilah, maka segala aktivitas (belajar-mengajar) \r\ndi pesantren tidak lepas dari orientasi pencapaian barokah. Orientasi tersebut terekspresikan \r\ndalam pencarian ilmu di\r\npesantren yang \"hanya\" diorientasikan pada Thalab al-Barokah bukan Thalab at­\r\nIbn. Pemaknaan tentang barokah, secara langsung berimplikasi pada realitas\r\nkeseharian.\r\nBerdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik mengangkat fenomena ini dan mengambil judul \r\n\"Pemaknaan Barokah dan Implikasi Terhadap Relasi Sosial Kyai Dengan Santri\" Di LPI Darul Ulum PP. \r\nBanyuanyar Pamekasan Madura Jatim\" dengan rumusan masalah sebagai berikut; bagaimanakah pemaknaan \r\nsantri LPI Darul Ulum terhadap barokah dan bagaimanakah implikasinya terhadap relasi sosial kyai \r\ndengan santri? Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pengumpulan \r\ndata melalui; observasi partisipasi, interview, dan dokumentasi . Analisa yang digunakan adalah \r\nanalisis deskriptif interpretatif .\r\nSebagai · landasan teori penulis menggunakan etnometodologi Harold Grafinkel. Menurut teori ini, \r\nindividu (aktor) bukanlah \"si dungu budaya\", melainkan ikut bertindak, memaknai, menafsirkan dan \r\nmembentuk realitas . Idealnya, warisan konstruksi tersebut akan dijadikan referensi bagi santri \r\ndalam memaknai barokah yang tersusun dengan \"skema interpretasi\" yakni berupa pengetahuan bersama \r\npara aktor yang merupakan bagian dari masyarakat. Skema interpretasi ini digunakan oleh para santri \r\ndalam memaknai barokah. Tentunya, tata cara pemaknaan sesuai dengan kebiasaan yang berlaku dalam \r\nsebuah komunitas masyarakat.\r\nBerdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa barokah\r\ndimaknai secara beragam oleh para santri. Keragaman pemaknaan ini berdasarkan tingkat pengetahuan \r\nyang dimiliki. Walaupun demikian, pcmaknaan yang diberikan masih berada dalam frame pemaknaan yang \r\ntelah membudaya di LPI Darul Ulum PP. Banyuanyar. Untuk mendapatkan barokah tersebut, santri akan \r\nmelakukan beberapa hal; mematuhi dan membantu kyai, mematahui peraturan pesantrn, istiqomah, \r\nbelajar giat dan pergi ke congkop. Kyai dipahami sebagai sosok yang mampu menjadi perantara \r\nmendapatkan barokah tersebut. Maka, dalam segala tindak-tanduknya santri selalu takut dan hormat \r\nkepada kyai dan keluarganya. Akibatnya, relasi yang teijalin adalah bersifat patron-klien."^^ . "2005-12-13" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 01540832-00"^^ . "Baidowi"^^ . "NIM: 01540832-00 Baidowi"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Text)"^^ . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #36413 \n\nPEMAKNAAN BAROKAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP RELASI SOSIAL KYAI DENGAN SANTRI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) DARUL ULUM PP. BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA\n\n" . "text/html" . . . "Sosiologi Agama"@en . .