@article{digilib36466, volume = {VI}, number = {1}, month = {January}, author = {- SABARUDIN}, title = {KONTINUITAS DAN PERUBAHAN PENDIDIKAN PESANTREN (Kasus Pondok Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta)}, publisher = {Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan}, year = {2009}, journal = {Pendidikan Agama Islam}, pages = {1--30}, keywords = {Pesantren PUTM, Kontinyuitas, Perubahan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36466/}, abstract = {Pendidikan dan masyarakat merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, satu sama lain saling membutuhkan dan saling mempengaruhi. Ketika dalam masyarakat terjadi perubahan, maka dunia pendidikan juga harus secepatnya mengakomodir perubahan tersebut agar kontinuitas dari kegiatannya dapat terus eksis. Demikian halnya yang terjadi pada pondok pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta. Pesantren ini dari waktu ke waktu juga mencoba melakukan perubahan pada beberapa sisi, sebagai respon terhadap perubahan sosial yang terjadi di kalangan internal ummat Muhammadiyah. Tulisan ini mencoba mendeskripsikan secara kritis perjalanan pendidikan pada Pondok Pesantren Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta sejak awal berdirinya sampai sekarang beserta perubahan-perubahan yang dilakukan dalam upaya menjaga eksistensi dan kontinuitas pendidikan yang diorientasikan pada pembentukan calon Ulama Tarjih, di tengah-tengah umat Muhammadiyah yang sudah terpola dalam budaya formalisme. Kata kunci: Pesantren PUTM, Kontinyuitas, Perubahan} }