TY - THES N1 - Drs. Mochamad Fuad, ID - digilib36480 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36480/ A1 - M U HAMAD LUKMAN, NIM. 9641 323i Y1 - 2003/12/18/ N2 - Penelitian yang berjudulPengembangan GBPP. SMU materiPPkndalampluralitaskeagamaan (perspektifpendidikan Islam)memilikitujuanantara lain : Menjelaskankonseppengembangan GBPP materipelajaranPPKnsaatinidalampluralitaskeagamaan, danmendiskripsikanpengembanganmateriPPKndalamPluralitaskeagamaandi Indonesia dariperspektifpendidikan Islam. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmerupakanpenelitian yang bersifatstudikepustakaanstudi yang mencari informasi-informasi dariberbagai buku dan sejenisnya yang berhubungan dengan penelitian,sumber data tersebut terbagi menjadi dua: yaitu : 1). Sumber data primer berupa: Buku pedoman GBPP kurikulum SMU 1997, Buku PPKn SMU kelas I. II. Ill, buku pendidikan agamaIslam SMU I. II. 111.dan 2). Sumber Data Skunder: Yaitu buku-buku sebagai pendukung yangrelevan dalam menunjang penulisan ini, seperti buku ilmupendidikan, Sosiologi Antropologi, Filsafat Pendidikan Islam,1mu-ilmu Sosial. Sedangkan metode Pengumpulan data yang digunakan antara lain : 1).Metode observasi (pengamatan ); Pencatatan langsung untuk memperoleh gambaran 1angsung tentang aktifitas belajarmengajar penyampaian materi PPkn di kelas, bagaimanapendidik memberikan materi PPkn, dan siswa merespon materipelajaran PPkn yang disampaikan oleh Pendidik di kelas , 2). Metode Dokumentasi yaitu metodeyang digunakan dalam penyelidikan yang ditujukan melaluisumber-sumber dokumen.Metode ini digunakan dengan caramengambi1 dokumen, majalah, arsip dan lain-lain yang penting dan yang bisa membantu pengumpulan data-datapenelitian ini.3). Metode Analisa Data penelitian ini pada dasamya bersifat deskriptif analitik, artinyamencari uraian yang menyeluruh dan cermat tentang salah satu keadaan, pendekatan yang dipakai lebih ditekankan secara kualitatif, melalui apayang dinamakan deskriptif analitik, pendekatan kualitatif yangmemungkinkan bagi peneliti langsung mencari dan mengumpulkan dataatau masalah yang dipelajari tanpa harus terikat untuk membuktikan benar atau tidaknya suatu teori yang dikemukakan oleh para ahli. Dengan demikian penelitian inidalam mencan danmengembangkan data tidak mengikuti petunjuk sebagaimana yangdigunakan dalam penelitian kuantitatif, namun sebaliknya banyak dikuasaioleh pengembangan analisa yang muncul di lapangan, berdasarkanpendekatan rasional dan logis terhadap segala pemikiran secara deduktifdan induktif .Deduktif. analisa dari data yang masih bersifat umum dalamsuatu generalisasi yang berdasarkan hubungan dan persamaan.Atausuatu analisa yang berangkat dari kaidah-kaidah umum (universal) menujuhal-hal khusus. Sedangkan induktif suatu proses berfikir yang bertitik tolakdari fakta khusus, peristiwa konkrit kemudian dari fakta tersebut ditarikgenereralisasi yang bersifat umum.Analisa yang digunakan lebih berusaha memecahkan masalahmelalui analisa sebab akibat, yakni meneliti faktor-faktor tertentu yang berhubungan dengan situasi setempat dan membandingkannya denganfaktor-faktor yang lain .Dalam prakteknya dimulai dengan menganalisaperistiwa-peristiwa yang terjadi dan keterkaitannya dengan faktorpenyebab yang ada, adapun analisa data yang penulis gunakan dalampenulisan ini adalah deskriptif-analitis (non statistik). PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - PENGEMBANGAN GBPP KW - SMU MATERI PPkn M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN GBPP SMU MATERI PPkn DALAM PLURALIT AS KEAGAMAAN (Perspektif Pendidikan Islam) AV - restricted EP - 123 ER -