@phdthesis{digilib36511, month = {July}, title = {EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR DALAM PENGAJARAN MUFRADAT DI TK AN-NUR I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM : 00420280 Siti Endah Fatmawati}, year = {2005}, note = {Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.,}, keywords = {Efektifitas, Media Gambar, Pengajaran Mufradat, TK An-Nur I}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36511/}, abstract = {Penelitian yang berjudul Efektifitas Media Gambar dalam Pengajaran Mufradat di TK An-Nur I Depok Sleman Yogyakarta, bertujuan untuk : a. Mendiskripsikan penerapan media gambar dalam peningkatan penguasaan mufradat siswa Tk An-Nur I Depok Sleman Yogyakarta. b. Mengetahui efektifitas media gambar dalam pengajaran mufradat bagi siswa TK An-Nur 1 Depok Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian experiment research, yaitu suatu riset yang bermaksud untuk menyelidiki secara langsung sebab akibat dengan menggunakan dua variabel yaitu satu kelompok kontrol dan satu kelompok eksperimen. Adapun metodenya yaitu : 1. Metode penentuan subyek , dimana masing-masing kelompok atau kelas terdiri dari 20 siswa, yang satu sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol. 2. Metode Pengumpulan Data yang digunakan antara lain, a. Metode observasi (pengamatan secara langsung) untuk memperoleh data tentang keadaan Iingkungan sekolah serta proses belajar mengajar bahasa Arab di ruangan kelas dan lingkungan sekolah.b. Metode wawancara. c. Metode dokumentasi, d. Metode test, yaitu digunakan untuk mengetahui sejauhmana penguasaan kosakata dan pengembangannya oleh siswa TK An-Nur I Depok Sleman, Yogyakarta, sebelum menggunakan media gambar atau sesudah diadakannya eksperimen. 3. Metode analisa data yang digunakan yaitu : a. Analisis Kualitatif dengan menggunakan metode induktif. b. Analisa Kuantitatif, yaitu untuk menganalisa data berupa angka yang diperoleh dari data tes setelah disajikan dengan terbatas pada penggambaran atau penjelasan angka-angka distributif dan presentasinya dengan menggunakan rumus. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut: 1. Pembelajaran mufradat dengan menggunakan media gambar lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelompok TK An-Nur I dibandingkan pengajaran kata benda tanpa media gambar. Terbukti dengan berbeda nilai rata-rata yang diperoleh 7,6 -: 6,13. Dengan demikian tingkat penguasaan mufradat dengan media gambar cukup tinggi jika dilihat dari nilai rata-rata siswa tersebut. Tetapi perlu ditekankan jika tingkat penguasaan mufradat merujuk pada hasil to dengan nilai 5,25 lebih besar daripada nilai tabel signifikasi baik pada taraf 1\% maupun 5\% antara penggunaan media gambar dan tanpa media gambar. Setelah mengadakan uji coba maka hipotesa altematif yang diajukan yang berbunyi "Ada peningkatan penguasaan mufradat dengan menggunakan media gambar dibandingkan tanpa media gambar" diterima. 2. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufradat dengan menggunakan media gambar dibandingkan tanpa menggunakan media gambar. Dengan demikian pernyataan hipotesa altematif yang berbunyi "bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengajaran mufradat dengan menggunakan media gambar dibandingkan pengajaran mufradat tanpa media gamabar" diterima.} }