%0 Book Section %A Saadah, Nurus %B DARI CINTA MENUJU BAHAGIA Teori dan Aplikasi Psikologi %C Kuningan %D 2018 %F digilib:36534 %I Goresan Pena %K Konsep Boundary Role Persons (BRP). %N - %P 191-196 %S Bunga Rampai %T BOUNDARY ROLE PERSONS (BRP) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36534/ %V - %X Ada orang bilang bahwa di sebuah organisasi ada posisi-posisi menarik yang berarti banyak rejeki di luar gaji resmi. Akan tetapi mengapa di posisi-posisi tersebut justru banyak yang tidak marnpu bertahan? Posisi protokoler misalnya, ada banyak tantangan terutarna dalam menyelaraskan kebutuhan dan kepentingan berbagai pihak agar kegiatan organisasi tetap berjalan dengan mulus tanpa kurang suatu apapun. Anehnya jika suatu acara sukses, jarang sekali mendapat penghargaan tetapi jika suatu acara gagal, maka protokoler menjadi sasaran kemarahan banyak orang. Contoh lain adalah bagian pembelian dan marketing. Bagian pembelian sering merasa kesulitan menyelaraskan antara keinginan organisasi dengan pihak suplier.Begitu juga dengan bagian marketing yang selalu ada tantangan baik dari internal perusahaan maupun dari konsumen. Meteka bekerja dengan target sehingga jam kerjanya pun tidak cukup hanya 8 jam sehari bahkan menghadapi panas teriknya matahari dan kehujanan. Anehnya, banyak perusahaan tidak mau tahu ketika target tidak tercapai dan sedikit sekali penghargaan ketika mereka berhasil. Karena itu, meskipun bonus marketing menjanjikan, namun masih banyak orang tidak tahan di posisi ini. Orang-orang yang berada di bagian protokoler, marketing, pembelian, dan bagian-bagian lain yang mewakili organisasi untuk berinteraksi dengan lingkungan at~m organisasi lain ini akan kita bahas dari konsepBoundary Role Persons (BRP).