%0 Thesis %9 Skripsi %A ZAKARIA ZAIN, NIM. 12220051 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2019 %F digilib:36599 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bimbingan Pribadi Sosial, Siswa Broken Home, %P 97 %T BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL BAGI SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MINGGIR, SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36599/ %X Latar belakang penelitian ini adalah banyak sekali konflik atau masalah yang dialami oleh siswa, salah satunya adanya siswa yang mengalami broken home. Siswa yang mengalami broken home seringkali mencari perhatian di lingkungan sekitar khususnya sekolah. Hal itu dapat terjadi karena siswa merasa kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan pribadi sosial bagi siswa yang mengalami broken home di SMP Muhammadiyah 2 Minggir, Sleman, Yogyakarta. Subjek daam penelitian ini guru BK, wali kelas dan 3 siswa broken home dengan kriteria divorce Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yakni data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian tahap-tahap bimbingan pribadi pada siswa yang mengalami broken home di SMP Muhammadiyah 2 Minggir, Sleman, Yogyakarta meliputi tahap identifikasi masalah, tahap diagnosis, tahap prognosis, tahap terapi tahap evaluasi dan follow up %Z Dr. Irsyadunnas, M.Ag