TY - THES N1 - Dr. Hj. Casmini, M.Si., ID - digilib36617 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36617/ A1 - JOKO SEMBODO, NIM 14220078 Y1 - 2019/08/23/ N2 - Bimbingan Pribadi Sosial merupakan salah satu bantuan yang dapat diberikan kepada siswa terisolir agar dapat mengembangkan keterampilan sosial yang dimilikinya. Adanya keterampilan sosial yang baik pada siswa, dapat membantu siswa agar lebih baik lagi dalam menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan pribadi sosial efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di MTs Negeri 6 Sleman. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kuisioner sebagai instrumen utama, dan sosiometri sebagai instrumen untuk mengasesmen siswa terisolir di MTs Negeri 6 Sleman. Sedangkan dalam menanalisis data, peneliti disini menggunakan analisis statistik berupa angka dengan bantuan SPSS versi 25 for windows agar dapat menjawab rumusan masalah penelitian. Hasil uji data menggunakan uji t dengan signifikasi 5% diperoleh nilai t-hitung sebesar -3,047 dengan sig. (2-tailed) atau p sebesar 0,022. T-hitung (-3,047) > t-tabel (2,44) dan nilai sig. sebesar (2-tailed) 0,022 < 0,05 maka terdapat perbedaan rata-rata keterampilan sosial siswa terisolir di MTs 6 Sleman sebelum dan sesudah dilakukannya bimbingan bimbingan pribadi sosial. Dengan demikian bimbingan pribadi sosial efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di MTs Negeri 6 Sleman. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - efektivitas KW - bimbingan pribadi sosial KW - keterampilan sosial KW - dan siswa terisolir. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TERISOLIR DI MTS NEGERI 6 SLEMAN AV - restricted EP - 123 ER -