@phdthesis{digilib36670, month = {August}, title = {PASAR KEBON WATU GEDE SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: STUDI DI DUSUN JETAK SIDOREJO MAGELANG}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15230019 RIZKA AROVATUN KARTINI}, year = {2019}, note = {Dr. Aziz Muslim, M. Pd.,}, keywords = {Pemberdayaan Masyarakat, Pasar Wisata, Pasar Kebon Watu Gede}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36670/}, abstract = {Pasar Kebon Watu Gede merupakan sebuah pasar wisata yang dibuat oleh karang taruna sebagai media pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat aset potensi alam serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep, implementasi dan hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh karang taruna melalui pembuatan pasar wisata (Pasar Kebon Watu Gede) di Dusun Jetak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitataif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengelola Pasar Kebon Watu Gede, penjual di pasar, pengunjung Pasar Kebon Watu Gede. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya konsep pemberdayaan masyarakat melalui pasar wisata yang dilakukan oleh karang taruna Dusun Jetak adalah sebuah usaha untuk mengangkat nama dusun mereka dengan mengembangkan potensi alam yang ada di daerah tersebut serta mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif di dalam proses pelaksanaannya sabagai bentuk kekompakan warga dan juga merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Implementasinya adalah adanya program-program yang dibuat untuk menunjang proses pemberdayaan yaitu melalui pemanfaatan potensi, partisipasi masyarakat, pemasaran, dan menjalin kerjasama.} }