@phdthesis{digilib36701, month = {August}, title = {SEJARAH PONDOK PESANTREN AL FALAH GEDONGAN, BAKI, SUKOHARJO, JAWA TENGAH (2006-2018)}, school = {FAKULTAS ADAB DAN BUDAYA}, author = {NIM. 15120044 ADIB ABBIYA QOWIYYUDIN}, year = {2019}, note = {Siti Maimunah S.Ag. M.Hum}, keywords = {Pesantren, Dinamika, Masyarakat Desa Gedongan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36701/}, abstract = {Pesantren merupakan lembaga pendidikan sebagai sarana penyebaran ajaran Islam yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berdirinya Pondok Pesantren Al Falah memberikan dampak sosial keagamaan bagi masyarakat serta menjadi pusat kajian Islam di wilayah Gedongan, Baki, Sukoharjo. Alasan peneliti memilih judul tersebut karena Pondok Pesantren Al Falah Gedongan, Baki, Sukoharjo merupakan salah satu pondok pesantren yang berbasis kebudayaan melalui ekstrakulikuler kesenian karawitan. Santri ikut serta dalam dakwah Islam yaitu memainkan alat musik gamelan dan wayang kulit serta disaksikan secara langsung oleh masyarakat yang berada di lingkungan pesantren. Selain itu dalam segi fasilitas publik berkembang sangat cepat dalam hal sarana dan prasarana yang menarik perhatian masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, penting untuk dibahas tentang sejarah berdirinya dan perkembangan Pondok Pesantren Al Falah Gedongan, Baki, Sukoharjo. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu Sosiologi budaya. Pendekatan Sosiologi Budaya mengkaji tentang konsep dan perilaku msyarakat yang mampu menafsirkan dan memecahkan fenomena budaya dalam sudut pandang sosiologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsional struktural yang dikemukakan oleh Robert K Merton. Metode yang digunakan yaitu metode sejarah, yang meliputi empat langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjalanan pondok pesantren dalam mengembangkan suatu lembaga pendidikan mempunyai bentuk yang khas dan berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya, berawal dari rumah joglo, yang digunakan sebagai tempat belajar ilmu agama dan bagian dari gerakan dakwah kaum modernis Islam dan berbasis pada sistem pesantren, lembaga ini dirintis melalui yayasan. Dengan berdirinya rumah joglo dan yayasan, Pondok Pesantren Al Falah mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada tahun 2008- 2018, baik dari segi perkembangan santri, dinamika organisasi pesantren maupun sistem pendidikan yang diterapkan.} }