eprintid: 36717 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12334 dir: disk0/00/03/67/17 datestamp: 2019-12-03 06:42:18 lastmod: 2019-12-03 06:42:18 status_changed: 2019-12-03 06:42:18 type: article metadata_visibility: show contact_email: istiningsih81@gmail.com creators_name: ISTININGSIH, - title: PENDAMPINGAN SISTEM AMONG (PADA PENDIDIKAN NON FORMAL) ispublished: pub subjects: artkl_dos subjects: pdk divisions: x_proc full_text_status: public keywords: Situational Ledership, Pendampingan Among, Pendidikan Non – Formal abstract: Tujuan penelitian ini mendesain model pendampingan bagi orang tua siswa sekolah dasar. Pendampingan merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan. Pendampingan guru kepada siswa merupakan wujud kepemimpinan guru kepada siswa. Kepemimpinan yang diharapkan sesuai dengan kondisi siswa, disebut situational leadership. Pendampingan merupakan wujud kepemimpinan guru kepada siswa yang berbasis kondisi siswa. Pendampingan banyak dilakukan oleh non government organization (NGO), namun penelitian model pendampingan belum banyak dilakukan dan bahkan bisa dikatakan langka; terlebih lagi pendampingan yang memiliki spesifikasi. Pendampingan dalam penelitian ini mengangkat ide dari tokoh pendidikan nasional Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara yang dikenal dengan sistem Among (Istilah Jawa). Penelitian ini menemukan sebuah model yang disebut model pendampingan sistem Among yang diujicobakan pada pendidikan non-formal, yakni bagi orang tua siswa dalam mendampingi anaknya dalam konteks berkarakter. Penelitian ini menemukan: nama pendampingan “Pendampingan sistem Among”; landasan filosofis model yakni “Keunikan orang yang didampingi”; konsep model yakni “Kasus – Individual – Penuntasan Kasus”; mekanisme model yakni “pemetaan kondisi personil yang didampingi – penentuan pola pendampingan”. Keterkaitan antara kondisi orang yang didampingi dengan pendamping adalah (1) motivasi dan kemampuan mendidik anak bagus didampingi menggunakan pola Tut Wuri Handayani, (2) Salah satu aspek rendah, untuk motivasi atau kemampuan mendidik orang yang didampingi lemah maka didampingi menggunakan pola Ing Madyo Mangun Karso, sedangkan untuk (3) lemah kedua aspek baik motivasi maupun kemampuan mendidik orang yang didampingi, maka digunakan pola Ing Ngarso sung Tulodho. Hasil uji coba bagi orang tua siswa sekolah dasar dinyatakan efektif. date: 2019-12-01 date_type: published publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 1-12 refereed: FALSE referencetext: Cahyani, R., & Suyadi, S. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230. https://doi.org/10.14421/jga.2018.219-230 Djafar, H. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan dalam Keluarga menurut Zakiah Daradjat dan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(2), 112–130. https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.675 Djohar. (2018). Filosofi Ki Hadjar Dewantara dalam Kehidupan Nyata. Hakim, M. A. (2016). Meruntuhkan Budaya Kuasa dan Kekerasan pada Anak: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 79. https://doi.org/10.22515/bg.v1i1.64 Khamidah, K. (2016). Nilai Pendidikan Humanisme dalam Surat al-Hujurat Ayat 13 Telaah Tafsir al-misbah Karya M. Quraish Shihab. Muttaqin, A. I. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam al-Quran. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 283–293. https://doi.org/10.30739/darussalam.v9i2.230 Nugraha, S. A. (2017). POLA ASUH DAN EKSPEKTASI BURUH PABRIK TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Ambarawa). Satriyo Wibowo, A. S. S. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 KLATEN DAN MTS. WAHID HASYIM YOGYAKARTA. JIPSINDO, 3(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9663 Wahyuningsih, S., Yutmini, S., Sutarno, S., & Rochsantiningsih, D. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARANPEMBIASAAN BERBASIS SISTEM AMONG ASAH ASIH ASUH (A3) MELALUI BERMAIN UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Wibowo, A. (2015). PENGGUNAAN STRUKTUR PEMBELAJARAN SEQIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA. DIDAKTIKA Jurnal Ilmu Pembelajaran Ke-SD-An, 3(2). citation: ISTININGSIH, - (2019) PENDAMPINGAN SISTEM AMONG (PADA PENDIDIKAN NON FORMAL). pp. 1-12. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36717/1/DISERTASI.PENDAMPINGAN%20BERBASIS%20AMONG.pdf