%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD FURQON ASASI - NIM. 02461408, %B Fakultas Saintek %D 2010 %F digilib:3674 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kelayakan Isi, Buku Ajar SMP, Keterlibatan Siswa. %T ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAINS UNTUK SMP KELAS VII DITINJAU DARI ASPEK KETERLIBATAN SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3674/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar Sains untuk SMP Kelas VII yang tidak dinilai oleh BSNP yang beredar wilayah Sleman, Yogyakarta dan mengetahui seberapa besar keterlibatan siswa dalam buku tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar Sains untuk SMP kelas VII yang tidak dinilai oleh BNSP. Populasi buku ajar diambil dari 21 SMP di wilayah Sleman. Selanjutnya diambil tiga buku sebagai sampel penelitian. Tiga buku sampel yang diseleksi berdasarkan kriteria; buku tersebut tidak atau belum dinilai oleh BSNP; buku tersebut memakai kurikulum KTSP; buku tersebut bukan ringkasan materi; buku tersebut banyak dipakai oleh sekolah-sekolah di wilayah Sleman. Kelayakan buku ajar Sains untuk SMP Kelas VII yang tidak dinilai oleh BSNP dianalisa dengan menggunakan instrumen lembar angket dari BSNP yang terdiri dari 3 komponen antara lain; kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian. Adapun analisa untuk keterlibatan siswa menggunakan instrumen Romey. Analisis keterlibatan siswa meliputi kajian terhadap teks, gambar atau diagram, rangkuman, serta pertanyaan akhir bab. Buku ajar sains kelas VII Eka Purjiyanta, dkk. memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan sudah melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,4. Buku ajar sains kelas VII Budi Prasodjo, dkk memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan sudah melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,5. Buku ajar sains kelas VII Abdul Khalim, dkk. memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan belum melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,33. %Z Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si., Muhammad Pribadi, M. Pd.