eprintid: 3674 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/36/74 datestamp: 2012-09-03 16:46:25 lastmod: 2016-12-07 08:10:52 status_changed: 2012-05-04 16:44:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD FURQON ASASI - NIM. 02461408, title: ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAINS UNTUK SMP KELAS VII DITINJAU DARI ASPEK KETERLIBATAN SISWA ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kelayakan Isi, Buku Ajar SMP, Keterlibatan Siswa. note: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si., Muhammad Pribadi, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar Sains untuk SMP Kelas VII yang tidak dinilai oleh BSNP yang beredar wilayah Sleman, Yogyakarta dan mengetahui seberapa besar keterlibatan siswa dalam buku tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah buku ajar Sains untuk SMP kelas VII yang tidak dinilai oleh BNSP. Populasi buku ajar diambil dari 21 SMP di wilayah Sleman. Selanjutnya diambil tiga buku sebagai sampel penelitian. Tiga buku sampel yang diseleksi berdasarkan kriteria; buku tersebut tidak atau belum dinilai oleh BSNP; buku tersebut memakai kurikulum KTSP; buku tersebut bukan ringkasan materi; buku tersebut banyak dipakai oleh sekolah-sekolah di wilayah Sleman. Kelayakan buku ajar Sains untuk SMP Kelas VII yang tidak dinilai oleh BSNP dianalisa dengan menggunakan instrumen lembar angket dari BSNP yang terdiri dari 3 komponen antara lain; kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian. Adapun analisa untuk keterlibatan siswa menggunakan instrumen Romey. Analisis keterlibatan siswa meliputi kajian terhadap teks, gambar atau diagram, rangkuman, serta pertanyaan akhir bab. Buku ajar sains kelas VII Eka Purjiyanta, dkk. memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan sudah melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,4. Buku ajar sains kelas VII Budi Prasodjo, dkk memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan sudah melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,5. Buku ajar sains kelas VII Abdul Khalim, dkk. memiliki kualitas baik tapi perlu perbaikan dan belum melibatkan siswa dengan indeks keterlibatan siswa sebesar 0,33. date: 2010-02-09 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-09 09:29:34 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadfurqo-3449-1-ahmadfu-p.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/69/digilib-uinsuka--ahmadfurqo-3449-1-ahmadfu-p.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3869 ; nama file lama : AHMAD FURQON ASASI - NIM. 02461408 ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAINS UNTUK SMP.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1398322 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD FURQON ASASI - NIM. 02461408, (2010) ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR SAINS UNTUK SMP KELAS VII DITINJAU DARI ASPEK KETERLIBATAN SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3674/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3674/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf