TY - THES N1 - Dra. Hj. EVI SEPTIANI TH, M. Si. ID - digilib36753 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36753/ A1 - BADRUN MUNAJAT, NIM. 12210143 Y1 - 2019/08/26/ N2 - Gaya komunikasi yang dimiliki seseorang menjadi identitas dirinya yang membedakannya dengan orang lain. Gaya komunikasi seseorang akan mengalami dinamika menyesuaikan lingkungannya. Prabowo memiliki gaya komunikasi khas yang melekat pada dirinya. Dia adalah politikus yang mengikuti tiga kali kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yaitu pada tahun 2009, 2014 dan 2019. Facebook adalah salah satu media yang digunakan oleh Prabowo untuk berkomunikasi dengan masyarakat sejak 15 Juli 2008. Peneliti menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana gaya komunikasi Prabowo di media sosial facebook pada tiga edisi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (2009, 2014 dan 2019). Sampel yang digunakan adalah postingan (teks) Prabowo di halaman facebooknya selama masa kampanye pada tiga kali pemilu tersebut. Jumlah sampel pada pemilu tahun 2009 sebanyak 37, tahun 2014 sebanyak 51 dan tahun 2019 sebanyak 148. Peneliti menggunakan teori Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss sebagai acuan. Teori ini membagi gaya komunikasi menjadi enam jenis. Meskipun ada empat penelitian sejenis yang telah dilakukan, namun peneliti dapat memastikan jika posisi peneliti memiliki perbedaan dalam hal metode yang digunakan dan subjek penelitiannya. Hasil dari penelitian mengungkapkan ada perbedaan intensitas penggunaan gaya komunikasi oleh Prabowo Subianto pada tiga edisi Pemilu. Pada Pemilu 2009, gaya komunikasi yang paling sering digunakan Prabowo adalah the dynamic style, lalu diikuti oleh the equalitarian style (34,1%), the structuring style (24,6%), the controlling style (13,5%), the relinguishing style (7,1%) dan yang terakhir the withdrawal style (2,4%). Pada pemilu 2014, gaya komunikasi Prabowo yang paling menonjol adalah the equalitarian style (547%), lalu the dynamic style (16,7%), the relinguishing style (13%), the structuring style (9,9%), the controlling style (3,6%) dan yang paling jarang digunakan adalah the withdrawal style (2,1%). Selanjutnya pada Pemilu 2019, Prabowo palig sering menggunakan gaya komunikasi the dynamic style (66,1%), lalu diikuti oleh the equalitarian style (17,8%), the controlling style (4,5), the structuring style (4,4%), the relinguishing style (4,2%), dan yang paling jarang adalah the withdrawal style (3%). PB - FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI KW - gaya komunikasi Prabowo Subianto KW - analisi isi kuantitatif KW - media sosial facebook. M1 - skripsi TI - GAYA KOMUNIKASI PRABOWO SUBIANTO DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA TIGA EDISI PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN (2009, 2014 DAN 2019) AV - restricted EP - 185 ER -